Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Permudah Pengawasan Keuangan Desa, Berikut Program Dinas PMD Tahun Ini

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 29 Januari 2024 - 23:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Sebagai upaya mempermudah pengawasan keuangan desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Kapuas akan memprogramkan Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) berbasis online tahun 2024 ini.

Kepala Dinas PMD Kapuas, Budi Kurniawan melalui Kabid Pemerintahan Desa, Chandra mengatakan program tersebut dalam rangka mempermudah dalam melakukan pengawasan keuangan desa.

"Namun, untuk semua itu nanti, tentunya kita terlebih dulu mensosialisasikan program tersebut kepada para kepala desa dan jajaran bagaimana cara menjalankan program Siskeudes agar berjalan dengan baik," katanya, Senin, 29 Januari 2024.

Selain itu, menurut dia juga akan mempermudah bagi pemerintahan desa dalam melakukan laporan maupun penginputan data keuangan desa. Dengan semua yang nantinya berbasis online, maka tidak ada lagi menggunakan kertas.

Pihaknya juga sudah melakukan koordinasi dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Kalteng, agar program tersebut bisa terlaksana dengan baik.

“Hasil kita koordinasi semalam dengan BPKP, dari petunjuknya kita harus melihat dulu kemampuan dari server kita. Karena kita belum memiliki server selama ini, dan belum online,” ucapnya.

Sehingga, kata dia program tersebut akan dilaksanakan, dan bekerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) kabupaten setempat dalam pengaktifan server Siskeudes tersebut.

"Program Siskeudes berbasis online tidak hanya terhubung dengan kami saja, namun juga terhubung dengan Inspektorat," pungkasnya. (DODI/j)

Berita Terbaru