Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sekda Kapuas Saksikan Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2024

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 31 Januari 2024 - 14:40 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kapuas Septedy menghadiri dan menyaksikan kegiatan simulasi pemungutan dan penghitungan suara pemilu 2024 yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kapuas.

Simulasi kali ini dilaksanakan di TPS 011 Kelurahan Selat Hilir, Kecamatan Selat, tepatnya di Taman Daun yang berlokasi di persimpangan Jalan A Yani dan Jalan Tambun Bungai Kota Kuala Kapuas, Rabu, 31 Januari 2024.

Dalam kegiatan ini juga dihadiri unsur Forkopimda Kapuas serta diikuti para Daftar Pemiliih Tetap (DPT) yang berdomisili di sekitar Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Terdapat lima jenis surat suara yang ada dalam simulasi ini diantaranya surat suara berwarna abu-abu untuk presiden dan wakil presiden, surat suara berwarna kuning untuk DPR RI, surat suara berwarna merah untuk DPD RI. Selanjutnya surat suara berwarna biru untuk DPRD Provinsi dan berwarna hijau untuk DPRD Kabupaten/Kota.

Selepas menyaksikan jalannya kegiatan, Sekda Kapuas Septedy mengungkapkan kehadiran Pemerintah Kabupaten Kapuas dalam acara ini untuk memastikan bahwa melalui simulasi ini, dapat terlihat rangkaian kegiatan pemungutan dan penghitungan suara, sesuai apa yang akan terjadi nantinnya pada saat proses pemilu mendatang.

Tentunya kata Septedy, dengan simulasi ini juga dapat melihat dan mengantisipasi segala kemungkinan-kemungkinan yang dapat terjadi atau tidak sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan.

“Dengan simulasi ini kita bisa meminimalisir terjadinya pelanggaran aturan maupun hal-hal yang tidak terduga, sehingga disaat tahapan pemilihan dan pemungutan suara mendatang dapat berjalan dengan lancar dan aman,” kata Septedy.

Dirinya pun kembali mengimbau kepada masyarakat untuk berpartisipasi dalam memberikan hak suaranya dengan cara datang ke TPS sesuai DPT nya masing-masing dimulai dari pukul 07.00-13.00 WIB nantinya pada tanggal 14 Februari 2024.

“Kita berharap pada pemilu tahun ini partisipasi masyarakat semakin meningkat dan tahapan pemungutan sampai ke penghitungan suara nantinya dapat berjalan dengan lancar, aman dan damai,” harapnya. (DODI/H)

Berita Terbaru