Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

KPU Katingan Gelar Simulasi Pemungutan Suara

  • Oleh Abdul Gofur
  • 31 Januari 2024 - 22:20 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Komisi Pemilihan Umum atau KPU Kabupaten Katingan menggelar simulasi pemungutan suara, Rabu, 31 Januari 2024.

Simulasi pemungutan suara yang berlangsung di halaman Kantor KPU Katingan, komplek perkantoran Pemerintah Kabupaten Katingan, Kereng Humbang.

Simulasi tersebut diikuti puluhan warga yang punya hak pilih. Seperti layaknya pemilihan umum, puluhan warga tersebut mengikuti rangkaian kegiatan pencoblosan di TPS 34 Kekurahan Kasongan Lama di Kantor KPU Katingan dengan tertib.

Mulai dari pemilih datang ke TPS dan melakukan pendaftaran dengan mencocokkan identitas mereka dengan daftar pemilih tetap (DPT) terhadap kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS).

Simulasi ini selain pencoblosan juga penghitungan suara dan rekapitulasi suara.

Ketua KPU Katingan, Wahyuni didampingi Kabag Ops Polres Katingan AKP Ratno bersama pihak terkait lainnya menyaksikan jalannya simulasi pemungutan suara di halaman Kantor KPU Katingan tersebut.

Ketua KPU Kabupaten Katingan, Wahyuni mengatakan, simulasi tersebut memang agenda dari KPU RI untuk menggelar ditingkat kabupaten.

"Tujuannya ialah mengedukasi jajaran kita terutama KPPS yang bertugas, PPS dan PPK, dan kita melaksanakan sereel mungkin mulai dari data pemilih yang kita undang memang asli pemilih, petugasnya juga asli dari KPPS dan juga pengawasnya juga dari Bawaslu," ujar Wahyuni 

Demikian pula untuk saksi parpol yang diundang memang benar-benar dari partai politik.

"Ingin mengetahui dan mengevaluasi apa yang menjadi bahan kita untuk perbaikan dihari H, mumpung masih ada waktu," katanya.

Wahyuni juga mengatakan jika video simulasi ini nantinya juga bakal dibagikan kepada seluruh kecamatan dan desa serta seluruh KPPS untuk dapat memantau. (ABDUL GOFUR/j)

Berita Terbaru