Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dukcapil Palangka Raya Prioritaskan Perekaman KTP-el Pemilih Pemula

  • Oleh Hendri
  • 01 Februari 2024 - 17:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Palangka Raya Sabirin Muhtar mengatakan, pihaknya memprioritaskan perekaman kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) untuk pemilih pemula.

Pemilih pemula adalah warga negara Indonesia yang berusia 17 tahun atau lebih pada saat pemilihan umum.

Menurut Sabirin, perekaman KTP-el untuk pemilih pemula penting untuk memastikan hak pilih mereka dalam pemilu 2024. Selain itu, KTP-el juga berguna sebagai identitas resmi yang diperlukan untuk berbagai keperluan administrasi.

"Kami ingin memfasilitasi pemilih pemula agar bisa mendapatkan KTP-el dengan mudah dan cepat. Karena itu, kami melakukan jemput bola ke sekolah-sekolah menengah atas (SMA) untuk melakukan perekaman KTP-el secara langsung di sana," katanya, Kamis, 1 Februari 2024.

Sabirin menambahkan, pihaknya juga menyediakan layanan perekaman khusus untuk pelajar berusia 17 tahun di kantor dinas dukcapil. Layanan ini beroperasi setiap hari kerja dari pukul 08.00 hingga 16.00 WIB.

Pelajar yang ingin melakukan perekaman KTP-el cukup membawa surat keterangan dari sekolah dan akta kelahiran asli.

"Kami harap dengan adanya layanan ini, pelajar berusia 17 tahun bisa mendapatkan KTP-el tanpa harus mengantre lama. Kami juga mengimbau kepada orang tua atau wali pelajar untuk mendukung dan mengawasi proses perekaman KTP-el anak-anak mereka," tuturnya. (HENDRI)

Berita Terbaru