Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Revitalisasi Bahasa Daerah Harus Berkelanjutan

  • Oleh Testi Priscilla
  • 04 Februari 2024 - 15:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Pusat Pengembangan dan Pelindungan Bahasa dan Sastra, Imam Budi Utomo mengatakan bahwa program Revitalisasi Bahasa Daerah harus berkelanjutan.

"Perlu terus diadakan, kalau tidak bisa sesekali, rapat koordinasi antara Balai Bahasa dengan pemerintah daerah perlu dilakukan," kata Imam pada Minggu, 4 Februari 2024.

Imam menyampaikan pentingnya kegiatan seperti ini diadakan untuk menyamakan persepsi, membulatkan tekad, dan menyatukan suara pemangku kepentingan dalam upaya merevitalisasi bahasa daerah.

"Sebagaimana nilai dasar pelaksanaan program yang dianut oleh Badan Bahasa, program revitalisasi ini juga diharapkan dapat dilaksanakan dengan fokus, berkelanjutan, dan kolaboratif," jelas Imam.

Sementara itu, Kasubbag Umum Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah, R Hery Budhiono mengatakan bahwa kegiatan revitalisasi tahun ini akan melibatkan 251 guru utama yang akan memberikan pelatihan kepada ratusan guru SD dan SLTP, serta anggota komunitas di daerah masing-masing.

"Pelibatan berbagai pihak ini diharapkan dapat memberikan manfaat jangka panjang dan melebar bagi masyarakat penutur bahasa daerah di seluruh Kalimantan Tengah," tutur Hery. (TESTI PRISCILLA/j)

Berita Terbaru