Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Desa Wisata Jadi Fokus Pengembangan di Kobar

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 04 Februari 2024 - 16:10 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Desa wisata menjadi fokus pengembangan di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar). Ini menandakan upaya percepatan pembangunan terpadu untuk mendukung transformasi sosial, budaya, dan ekonomi desa.

Hal itu diungkapkan oleh Plt Kepala Dinas Pariwisata Kobar Edie Faganti. Dalam pengembangan desa wisata, ia menekankan pentingnya kesiapan sumber daya manusia desa untuk tidak hanya menjadi penonton di rumah sendiri.

"Setiap desa perlu mengidentifikasi potensinya untuk dikembangkanin menciptakan nilai tambah dan meningkatkan produktivitas demi kesejahteraan masyarakat desa," ujar Edie Faganti, belum lama ini.

Pendayagunaan lokal melalui sektor kepariwisataan diakuinya sebagai upaya mendorong kesejahteraan warga. Edie Faganti menyebut, sektor pariwisata masih dianggap sebagai penyelamat ekonomi, bagi wilayah yang memiliki sumber daya pariwisata.

Menurutnya, desa wisata di Kabupaten Kobar menjadi kendaraan potensial untuk menghasilkan profit melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Untuk itu, ia mengingatkan bahwa mengurus desa wisata harus melibatkan unsur politik lokal dan membuat berbagai aturan yang harus dipatuhi.

"Masyarakat desa wisata diharapkan mampu merespons positif, mempersiapkan diri, dan mengubah perilaku mereka sebagai bagian dari pengembangan desa," ungkapnya.

Peran masyarakat desa wisata sebagai tuan rumah yang baik menjadi kunci, dengan harapan bahwa setiap aktivitas masyarakat dapat mencerminkan Sapta Pesona, enam unsur yang menjadi dasar pariwisata Indonesia.

"Desa wisata sebenarnya menawarkan pengalaman, bukan sekadar menjual tiket," tuturnya.

Desa wisata di Kotawaringin Barat di antaranya, Desa Pasir Panjang dan Sungai Sekonyer sudah masuk nominasi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) dari Kemenparkraf.

Kemudian, ada Desa Keraya, Kumpai Batu Atas, Pangkalan Dewa, Pangkalan Tiga, Arga Mulya, Riam, Rungun, Pangkalan Banteng, Berambai Makmur, Panahan, Penyombaan, Lada Mandala Jaya, Sebuai, Sungai Bakau dan Lalang. (DANANG/Y)
 

Berita Terbaru