Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tradisi Basuh Rupang Jelang Imlek di Vihara Avalokitesvara Sampit

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 05 Februari 2024 - 10:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Sejumlah warga keturunan Tionghoa menuangkan air ke dalam bak dengan kelopak bunga mawar dan potongan daun pandan. Air itu mereka persiapkan untuk tradisi basuh rupang yang telah turun temurun digelar di Vihara Avalokitesvara sepekan sebelum perayaan tahun baru Imlek.

Kurang lebih 20 rupang Buddha diturunkan dari altar dan secara bergiliran dibasuh menggunakan air bunga. Air bunga melambangkan keharuman, dengan harapan wanginya rupang Budha Dharma yang dibasuh 1 tahun sekali tersebut menyebar ke seluruh masyarakat masyarakat sekitar.

"Kegiatan ini bermakna pembersihan jiwa. Kita sadar harus membersihkan diri maupun pikiran kita setiap waktu setiap dan saat," kata Ketua Pengurus Daerah Majelis Buddhayana Indonesia Bambang Siswanto, Minggu, 4 Februari 2024.

Basuh rupang di Vihara Avalokitesvara tahun ini istimewa karena rupang Buddha 4 wajah yang akan secara resmi diletakkan di Vihara saat perayaan Tjap Go Meh, 24 Februari 2024, juga turut dibasuh.

Bambang mengatakan, rupang Buddha 4 wajah sangat dinanti umat Buddha, bahkan warga yang mengikuti alirannya rela jauh-jauh ke Thailand. Dengan rupang baru tersebut, ia berharap Umat Buddha di daerah in semakin teguh dan aktif beribadah ke Vihara.

Vihara Avalokitesvara Sampit tidak menggelar acara khusus saat tahun baru Imlek yang jatuh pada 10 Februari 2024, karena momen tersebut jemaat menggunakannya untuk mudik. Namun pintu vihara tetap terbuka bagi jemaat yang ingin beribadah.

"Perayaan akan kami laksanakan perayaan saat Tjap Go Meh. Ada penampilan barong sai dan tarian serta peletakan Buddha rupang 4 wajah," imbuhnya.

Sementara itu, Hadi Cahya Gezali sesepuh Vihara Avalokitesvara Sampit mengatakan, Vihara ini memiliki kurang lebih 200-300 jemaat. Sejumlah jemaat merupakan perantau dari berbagai daerah.

"Tahun baru Imlek kali ini berdekatan dengan Pemilu 2024. Harapan kami agar daerah ini lebih aman dan damai terutama di tahun Pemilu," ujar Hadi. (DEWI PATMALASARI/j)

Berita Terbaru