Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPSDM Kalteng Peringati Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW

  • Oleh Marini
  • 07 Februari 2024 - 20:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dinas Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) memperingati Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW, diselenggarakan di Musholla Al Mustaqim Kota Palangka Raya, pada Rabu, 7 Februari 2024.

Dihadiri penceramah Ustadz Isnaini Subhan, yang diikuti oleh PNS maupun tenaga kontrak atau tekon ruang lingkup BPSDM Provinsi Kalteng. 

Dalam kata sambutannya, Kepala BPSDM Provinsi Kalteng Rahmawati mengatakan bahwa peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1445 H dengan tema ‘' Isra’ Mi’raj Sebagai Momentum Untuk Refleksi Diri Agar Menjadi Hamba Allah SWT Yang Lebih Baik," untuk beribadah dengan khusyuk.

"Serta menjadikan manusia yang beriman dan bertaqwa, yang diikuti oleh pegawai ASN maupun Non ASN atau tekon di lingkungan BPSDM Provinsi Kalteng," katanya, Rabu, 7 Februari 2024.

Sementara itu, ustad Isnaini Subhan mengatakan bahwa Isra’ Mi’raj atau yang sering disebut dengan Al-Isra wal Mi’raj merupakan peristiwa yang melekat dengan kerisalahan Nabi Akhiruzzaman (akhir zaman) Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam dalam perjalanan sejarahnya.

Isra’ dan Mi’raj diabadikan di dalam Al-Qur’an Surah Al-Isra’ ayat 1 sebagaimana Allah berfirman yang artinya, “Maha Suci Allah yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa yang Allah telah memberkahi sekelilingnya supaya Allah memperlihatkan sebagian tanda-tanda kekuasaan-Nya, Allah sungguh Maha Mendegar dan Maha Melihat”.

Katanya peringatan Isra Mi’raj harus menjadi momentum sebagai perwujudan rasa syukur kepada Allah SWT yang senantiasa menganugerahkan berbagai nikmat.

"Mari kita manfaatkan momentum peringatan Isra’ dan Mi’raj ini sebagai momentum untuk kita tetap istiqomah dan menyempurnakan akhlak serta menjabarkan, menterjemahkan, merespon pesan dan nilai Islam kedalam seluruh aspek kehidupan. Semoga kita termasuk golongan orang-orang yang beriman dan beramal saleh," ajaknya.

Ia juga menambahkan, Isra Mikraj Nabi Muhammad diperingati tiap 27 Rajab. Apabila mengacu pada Kalender Hijriah Indonesia Tahun 2024 yang dikeluarkan Kementerian Agama (Kemenag) RI, 27 Rajab 1445 H bertepatan pada tanggal 8 Februari 2024.

"Isra Miraj merupakan salah satu peristiwa penting dalam agama Islam yang selalu ada diperingati setiap tahunnya. Peringatan Isra Miraj ini tidak lain berkaitan dengan kisah perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Makkah ke Madinah yang dilakukan dalam satu malam," bebernya.

Berita Terbaru