Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Dorong Pemda Gali Sektor Potensial di Wilayah DAS Barito

  • Oleh Donny Damara
  • 10 Februari 2024 - 16:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng Purman Jaya mendorong pemda baik provinsi maupun kabupaten agar dapat menggali berbagai sektor potensial yang ada di wilayah DAS Barito.

Ia meyakini, ada banyak sektor potensial di DAS Barito terutama di wilayah kecamatan maupun desa baik itu pada ketahanan pangan seperti pertanian, perkebunan hortikultura, perikanan, peternakan maupun pariwisata.

"Untuk sektor ketahanan pangan saya rasa di wilayah DAS Barito sangat potensial, misalnya pengembangan pertanian karena disana itu memiliki tingkat kesuburan tanah yang cukup baik," ucapnya, Sabtu, 10 Februari 2024.

Selain itu, pada sektor pariwisata juga pastinya memiliki potensi besar terlebih di perdesaan, ada banyak desa yang memiliki objek wisata alam bagus seperti air terjun dan lain-lain, hanya saja tidak maksimal dikembangkan.

"Contohnya seperti di Kabupaten Murung Raya maupun Barito Utara, disana itu terdapat sejumlah desa yang memiliki potensi wisata, namun untuk pengembangannya perlu ada perhatian dari pemda," ujarnya.

Ia meyakini, apabila semua potensi itu dapat dikembangkan dengan baik maka hal tersebut dapat memberikan dampak positif bagi Kalteng misalnya ketahanan pangan untuk memenuhi kebutuhan daerah secara berkelanjutan.

"Begitu juga dengan pariwisata akan dapat meningkatkan PAD, ini harus bisa menjadi perhatian. Apalagi Kalteng sebagai penyangga IKN dan DAS Barito jaraknya dekat, itu menjadi potensi bagi daerah ini," tutupnya. (DONNY D/H)

Berita Terbaru