Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Malinau Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dukung Damang dan Mantir Adat Dalam Melaksanakan Tugas

  • Oleh Donny Damara
  • 13 Februari 2024 - 17:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng Duwel Rawing mendorong pemda supaya dapat mendukung para Damang dan Mantir Adat dalam melaksanakan tugas.

Duwel mengatakan, dukungan itu yakni berupa merealisasi aspirasi para Damang dan Mantir Adat seperti peningkatan honor hingga mengadakan kendaraan operasional.

"Seperti yang disampaikan oleh Forum Kedamangan Kalteng beberapa waktu lalu, mereka mengharapkan dukungan maksimal dari pemda," ucapnya, Selasa, 13 Februari 2024.

Menurut Duwel, Damang dan Mantir Adat memiliki peran strategis sebagai mitra pemerintah terutama dalam hal menangani permasalahan adat istiadat.

Dijelaskannya bahwa seperti halnya Damang memiliki tugas dan fungsi seperti melestarikan, mengembangkan dan memberdayakan adat istiadat serta sebagai penegak hukum adat.

Selain itu, Mantir Adat memiliki tugas mengurus segala hal yang berhubungan dengan hukum dan aturan adat seperti perkawinan, perkelahian, perceraian, sengketa tanah dan lain-lain.

Oleh karena itu, dalam menjalankan tugas dan fungsi ini sangat memerlukan dukungan dari pemda sehingga bisa berjalan dengan baik dan optimal melayani masyarakat.

"Harapan kita aspirasi mengenai kesejahteraan, peningkatan honor hingga pengadaan kendaraan operasional bagi Damang dan Mantir Adat bisa direalisasi," tandasya. (DONNY D/j)

Berita Terbaru