Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Program Sertifikasi Kompetensi Pengawasan Diharapkan Tak Hanya Pimpinan APIP

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 13 Februari 2024 - 21:30 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Inspektur Inspektorat Kalteng Saring berharap kedepan program sertifikasi kompetensi pengawasan tak hanya bagi pimpinan Aparatur Pengawas Internal Pemerintahan (APIP).

“(Harapannya) program sertifikasi kompetensi di bidang pengawasan ini kedepannya tidak hanya diikuti oleh Pimpinan APIP saja,” tutur Saring dalam keterangannya usai wisuda Certified of Government Chief Audit Executive (CGCAE) Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) BPKP Senin, 12 Februari 2024.

"Semoga dapat diikuti juga oleh pimpinan perangkat daerah lainnya guna meningkatkan kompetensi khususnya bagi pengelola risiko di lingkungan Pemerintah Daerah Provinsi Kalteng," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Muhammad Yusuf Ateh menyampaikan bahwa program sertifikasi kompetensi yang dilaksanakan oleh BPKP melalui Pusdiklatwas BPKP bertujuan mengembangkan kompetensi.

Sekaligus menjadi ajang menyiapkan pimpinan APIP, serta membantu pimpinan Kementerian/Lembaga/Pemda menyeleksi pimpinan APIP.

Terutama dalam melaksanakan peran leadership dan manajerial yang efektif untuk mendorong optimalnya kinerja pengawasan intern.

“Program sertifikasi ini didesain agar sesuai dengan kebutuhan pimpinan APIP yang berasal dari beragam latar belakang berbeda,” tuturnya.

Melalui langkah tersebut harapannya pimpinan APIP memiliki pengetahuan terkait pemahaman dan analisis atas proses bisnis di lingkungannya.

“Sehingga mampu mengidentifikasi titik-titik kritis dan risiko strategis yang dapat mengganggu pencapaian tujuan unit kerja," ujarnya. (HERMAWAN DP/H)

Berita Terbaru