Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas PMD Kapuas dan Disarpustaka Jalin Kerjasama agar Penggunaan Aplikasi Srikandi Sampai Desa

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 15 Februari 2024 - 17:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa atau PMD Kapuas telah menjalin kerjasama dengan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpustaka) setempat.

Kerjasama itu mendorong Pemerintah desa (Pemdes) jalankan program Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi Dinas PMD Kapuas dan Disarpustaka.

Kerjasama tersebut juga berisikan tentang program korespondesi bebas kertas dan gerakan nasional sadar tertib arsip.

"Kami berharap dengan Aplikasi Srikandi sampai ke tingkat desa nantinya juga akan mempercepat pelayanan, mempermudah pelayanan dan juga proses biokrasi menjadi lebih pendek, sebagaimana saat ini memang digitalisasi pemerintahan itu sangat penting dan itu juga dibutuhkan tidak hanya di level pusat, pemerintah daerah, tapi juga sampai dengan pemerintahan desa,” kata Kepala Dinas PMD Kapuas, Budi Kurniawan, Kamis, 15 Februari 2024.

Ia menyebutkan MoU sudah ditandatangani itu utamanya dalam rangka mendorong pemerintahan desa untuk melaksanakan program Srikandi atau bebas kertas bagi desa yang memiliki jaringan internet.

"Nantinya akan ditindaklanjuti dengan penyususanan peraturan bupati tentang tata naskah dinas desa yang menjadi panduan atau pedoman penyusunan naskah digital," ucapnya.

Selain itu, ia menuturkan kerjasama ini untuk mempermudah dan memperlancar pelaksanaan tugas-tugasnya pemerintah desa baik laporan keuangan, kearsipan, maupun administrasi pemerintahan desa secara umum. (DODI/j)

Berita Terbaru