Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

RSUD Kapuas Juga Edukasi Cara Jaga Tubuh Agar Terhindar dari Kanker

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 16 Februari 2024 - 17:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas memberikan penyuluhan atau edukasi kesehatan kepada masyarakat terkait dengan penyakit kanker sekaligus cara menjaga tubuh agar terhindar atau meminimalisir terkena penyakit tersebut.

Edukasi kesehatan disampaikan narasumber dari RSUD Kapuas, dr Erny Indrawati, selaku Ketua Pokja Komunikasi dan Edukasi (KE) didampingi, Popo Subroto selaku Koordinator Unit Promkes melalui radio siaran pemerintah daerah.

dr Erny menjelaskan cara menjaga tubuh agar terhindar dari penyakit kanker antara lain, jaga berat badan tetap ideal dan sehat, lakukan aktivitas fisik minimal 30 menit setiap hari agar tubuh tetap bugar.

"Hindari paparan sinar matahari berlebihan, gunakan pakaian putih lengan panjang bila ke pantai atau ke tempat-tempat yang panas," katanya, Jumat, 16 Februari 2024.

Lalu, hindari paparan zat kimia, gunakan masker khusus di tempat/ lingkungan pekerjaan yang mengandung bahan kimia, ganti alat-alat masak anti lengket yang sudah bergores dengan alat masak terbuat dari steinles steel atau kaca (lebih aman).

"Ganti atap rumah yang terbuat dari asbes dengan bahan yang lebih ramah terhadap kesehatan, hindari makanan cepat saji, instan, makanan kaleng, makanan yang diasinkan, makanan tinggi gula, tepung-tepungan (terutama yang digoreng), makanan yang dibakar," ucapnya.

Selain itu, lanjut dia juga agar memperbanyak makanan yang mengandung tinggi serat, sayuran, buah-buahan, biji-bijian. (DODI/J)

Berita Terbaru