Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

PT SML Inisiasi Kemitraan dengan KTH Kungkung Jaya

  • Oleh Testi Priscilla
  • 20 Februari 2024 - 19:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - PT Sawit Mandiri Lestari atau PT SML yang berada Kabupaten Lamandau, Provinsi Kalimantan Tengah merupakan salah satu perusahaan swasta nasional di Indonesia, bergerak di bidang industri kelapa sawit, mempunyai komitmen kuat untuk mewujudkan pengelolaan perkebunan kelapa sawit secara berkelanjutan.

Salah satu pencapaian penting khususnya di bidang Sustainability yakni awal tahun 2024, PT SML berhasil mempertahankan sertifikat Indonesian Sustainable Palm Oil atau ISPO yang diraih baik untuk kebun inti maupun kebun plasma yang bermitra dengan Koperasi Karya Bakti Mitra Bakuba di Desa Penopa.

"Pencapaian ini menjadi bukti nyata komitmen PT SML terhadap regulasi yakni kepatuhan terhadap persyaratan kriteria sertifikasi ISPO. Tidak hanya itu, komitmen ini juga diwujudkan melalui program konservasi baik yang berada di dalam maupun luar areal ijin PT SML," ungkap Manager Sustainability PT SML, Joko dalam rilisnya kepada Borneonews pada Selasa, 20 Februari 2024.

Joko menambahkan, salah satu upaya dalama mewujudkan pengelolaan perkebunan kelapa sawit yang lestari adalah melakukan identifikasi, menetapkan, mengelola dan memantau areal bernilai konservasi tinggi atau High Conservation Value Area dan juga Stok Karbon Tinggi atau SKT dalam ijin perusahaan.

Selain itu, SML juga ikut serta berkontribusi dengan memberikan dukungan kepada Kelompok Tani Hutan Kungkung Jaya yang berada di Desa Penyombaan, Kecamatan Delang Kabupaten Lamandau.

Kelompok Tani ini memiliki ijin seluas 1.815 hektar dari Kementrian Lingkungan Hidup No SK. 5491/MENLHK-PSKL/PKPS/PSL.0/5/2023 tentang Pemberian Persetujuan Pengelolaan Hutan Kemasyarakatan Kepada Kelompok Tani Hutan Kungkung Jaya pada Kawasan Hutan Lindung Di Desa Penyombaa, Kec. Delang, Lamandau.

"Kami sepenuhnya berkomitmen untuk melakukan praktik pengelolaan terbaik pada area konservasi PT SML yakni HCV dan HCS. Untuk area konservasi diluar perusahaan, SML mulai melakukan inisasi dengan kelompok tani hutan sekitar," tambahnya.

Kedepannya, PT SML berencana melakukan kemitraan secara resmi dengan pihak KTH Kungkung Jaya. Namun untuk tahun 2024 ini, PT SML akan tetap dukung dalam bentuk bantuan-bantuan kepada kelompok tani ini.

Pada kesempatan yang sama, Vigilius Massa selaku Ketua KTH Kungkung Jaya membuka peluang kepada siapapun, termasuk dari sektor swasta yang memiliki visi misi yang sama dengan mereka. 

Menurutnya, perlu dukungan dari berbagai pihak untuk menjaga dan melestarikan areal KTH Kungkung Jaya yang merupakan warisan dari nenek moyangnya, sehingga generasi penerus mereka dapat merasakan manfaat dari keberadaan hutan tersebut. (TESTI PRISCILLA/Y)

Berita Terbaru