Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Gunung Mas Berharap PPL Bisa Bantu Ubah Pola Pikir Masyarakat Soal Pertanian

  • Oleh Riska Yulyana
  • 21 Februari 2024 - 11:50 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Anggota DPRD Gunung Mas Untung Jaya Bangas imbau kepada penyuluhan pertanian lapangan (PPL) di wilayah setempat bisa membantu mengubah pola pikir masyarakat  terkait pertanian.

"PPL ke depan baik dalam segi pertanian, peternakan maupun perkebunan memberikan mindset kepada masyarakat bagaima berani menjadikan pertanian suatu profesional dan bisnis," ujar Untung, Rabu, 21 Februari 2024.

Misalnya, saat beternak sapi atau menanam cabai, bagaimana PPL bisa menggerakkan masyarakat agar menjadikan ternak sapi atau budidaya cabai ini tidak hanya dikonsumsi pribadi saja namun menjadi suatu bisnis yang menguntungkan. 

"Kami berharap, masyarakat kita bisa menjadi masyarakat yang tidak lagi konsumtif namun produktif," harap Politisi Partai Demokrat itu. 

Selain itu juga, PPL didorong agar lebih aktif menggerakkan para petaninya. PPL merupakan petugas yang langsung bertemu dengan petani untuk memberikan motivasi, memberikan bimbingan, edukasi kepada masyarakat terkait bidang pertanian yang sedang digeluti. 

Pemerintah perlu memberikan pelatihan atau bimbingan teknis kepada PPL sehingga mereka bisa menjadi tenaga yang profesional dalam memberikan edukasi kepada masyarakat atau kelompok tani

Selain itu, pemerintah daerah juga perlu mendukung PPL untuk menunjang kerja sehingga mereka bisa bekerja secara maksimal di lapangan untuk memajukan petani Gunung Mas. 

Lebih lanjut, untuk memajukan pertanian di Gunung Mas juga perlu evaluasi terkait program pertanian di Kabupaten Gunung Mas, apa lagi program pertanian masuk ke dalam smart agro. 

"Bagaimana pertanian di Kabupaten Gunung Mas bisa meningkat, apa kendalanya, bagaimana solusi ke depan agar pertanian di Kabupaten Gunung Mas bisa lebih baik," tukasnya. (RISKA YULYANA/H) 

Berita Terbaru