Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pengawas Sekolah Diharapkan Selalu Perhatikan Prinsip Pendampingan

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 21 Februari 2024 - 20:40 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Pengawas sekolah di Kabupaten Kapuas diharapkan selalu memperhatikan prinsip-prinsip pendampingan.

Hal itu disampaikan Pj Bupati Kapuas, Erlin Hardi seusai membuka Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia (APSI) tingkat Kabupaten Kapuas melakukan rapat kerja, bertempat di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas, Rabu, 21 Februari 2024.

"Harapannya agar para pengawas senantiasa selalu memperhatikan prinsip-prinsip pendampingan secara professional, terencana dan strategis, bertahap dan mandiri, kolaborasi, ssimetris, kesetaraan serta berbasis evaluasi," katanya.

Pada Kebijakan merdeka belajar, lanjut dia pengawas sekolah juga diharapkan mampu menjalankan perannya dengan memanfaatkan berbagai bentuk dukungan implementasi pembelajaran dalam kebijakan merdeka belajar.

"Seperti melalui ptatform merdeka mengajar, Webinar, Layanan Bantua/Helpdesk dan Mitra Pembangunan (Pihak ke 3/CSR," ucapnya.

Selain itu, menurut dia, peran pengawas sekolah dalam implementasi kebijakan merdeka belajar dilakukan melalui kegiatan pendampingan pada satuan Pendidikan, dengan menekankan kepada diferensiasi kebutuhan masing-masing satuan Pendidikan.

Bagi satuan Pendidikan yang belum mampu menerapkan kebijakan merdeka belajar secara menyeluruh, peran pendampingan pengawas sekolah juga dibutuhkan agar Kepala Sekolah mampu berperan aktif untuk mempercepat proses transformasi dalam pembelajaran.

"Sehingga proses pembelajaran yang dijalankan dapat mengakomodir setiap perbedaan dan perkembangan setiap peserta didik yang diajarkan," tandasnya. (DODI/j)

Berita Terbaru