Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Klaten Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ada 107 Kasus DBD di Pulang Pisau

  • Oleh M Pradila Kandi
  • 21 Februari 2024 - 21:20 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Kepala Dinas Kesehatan Pulang, dr Pande Putu Gina melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, dr Jamil Muslim mengatakan bahwa memberantas nyamuk demam berdarah (DBD) dengan melakukan Fogging bukan merupakan cara yang tepat.

"Karena dengan cara Fogging hanya membunuh nyamuk-nyamuk dewasa dan tidak sampai ke telurnya," ucapnya, Rabu, 21 Februari 2024.

Ia menjelaskan, dalam pencegahan DBD cara yang paling efektif dan efisien adalah melakukan 3M seperti menguras bak penampuan air, menutup tempat penampungan dan mengubur barang-barang bekas yang berpotensi sebagai tempat nyamuk bertelur.

"Dengan 3M, saya yakin masyarakat dapat terhindar dari DBD. Maka dari itu, peran serta dan kesadaran masyarakat sangat diperlukan," jelasnya.

Lebih lanjut, salah satu cara pembasmian nyamuk DBD yang efektif ialah dengan menaburkan obat anti pada penampungan air yang sulit untuk dibersihkan dan hindari menggantung pakaian didalam rumah serta membersihkan beberapa bagian rumah yang berpotensi jadi sarang nyamuk.

Ia menambahkan, sampai saat ini, masih ada ditemukan kasus DBD di Pulang Pisau dan tercatat ada 107 kasus DBD. Hal ini harus ada pencegahan yang lebih efektif dan masyarakat bisa menerapkan di rumah masing-masing maupun di lingkungan sekitar. (M PRADILA KANDI/Y)

Berita Terbaru