Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Samarinda Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

RSUD Kapuas Dikunjungi Dewan Pengawas BPJS Kesehatan, Direktur Paparkan Ini

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 23 Februari 2024 - 18:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo telah mendapatkan kunjungan kerja atau monitoring dari Perwakilan Dewan Pengawas BPJS Kesehatan Pusat didampingi Tim BPJS Kesehatan Cabang Kapuas.

Kegiatan itu dalam rangka memastikan implementasi monitoring dan evaluasi serta kendala yang dihadapi dalam pelayanan peserta JKN / BPJS di rumah sakit.

Rombongan diterima langsung oleh Direktur dr. Agus Waluyo didampingi oleh para Jajaran Direksi RSUD Kapuas seperti Kabag, Kabid, Kasi dan Kasubbbag.

"Iya, kita beberapa hari lalu kedatangan dari Dewan Pengawas BPJS Kesehatan Pusat. Kami paparkan sejumlah hal seperti Profil Rumah Sakit Kapuas meliputi jumlah kunjungan peserta BPJS, jenis layanan yang dimiliki, layanan unggulan, capaian indikator rawat inap, 10 diagnosa penyakit terbanyak, ketersediaan SDM di fasilitas kesehatan," katanya, Agus Waluyo, Jumat, 23 Februari 2024.

Kemudian, juga disampaikan inovasi yang dilakukan fasilitas kesehatan dalam pelayanan peserta BPJS kesehatan, dan aspek penting lainnya yang berkaitan dengan pelayanan peserta BPJS Kesehatan.

Selanjutnya, ditambahkan tentang upaya fasilitas kesehatan dalam komitmen pencegahan fraud layanan JKN, pengelolaan verifikasi klaim dan pembayaran klaim program JKN, serta kendala yang dihadapi dan cara mengatasi kendala tersebut.

Jumlah klaim pending dan dispute yang terjadi selama 3 tahun terakhir, hasil verifikasi paska klaim selama 1 tahun terakhir serta kendalanya, serta penyampaian kendala penggunaan SIMRS dan integrasinya dengan sistem milik BPJS Kesehatan.

"Semoga dengan kedatangan kunjungan dari Dewan Pengawas BPJS Kesehatan Pusat ini sekaaligus koordinasi terkait monitoring dan evaluasi bersama BPJS Kesehatan Cabang Kapuas dan fasyankes RSUD ini dapat membantu meningkatkan mutu pelayanan kesehatan," harapnya.

Sebelumnya, Dewan Pengawas BPJS Kesehatan yang diwakili oleh Indra Yana, memaparkan bahwa kedatangannya yang didampingi oleh Tim BPJS Kesehatan Cabang Kapuas ini dalam rangka memantau fasyankes rumah sakit yang terpilih, melihat langsung keadaan lokasi fasyankes.

Juga mengecek data, fasilitas, monitoring, dan evaluasi pelaksanaan pelayanan kesehatan kepada pasien dalam pelaksanaannya di RSUD RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas. (DODI/j)

Berita Terbaru