Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPK Kalteng Ingatkan Perlunya Akurasi Program Bantuan Kartu Tani Berkah

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 24 Februari 2024 - 21:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Kalteng mengingatkan perlunya akurasi dalam pemberian program bantuan Kartu Tani Berkah.

“Yang harus diperhatikan juga adalah penerima yang tidak tepat sasaran,” ungkap Pemeriksa Muda BPK Kalteng, Albertus Aryo dalam keterangannya, Sabtu, 24 Februari 2024.

Ia menekankan salah satu tujuan dari pemberian bantuan sosial yaitu untuk mengurangi dampak sosial yang ada di masyarakat dengan mengacu kepada peraturan pemerintah yang berlaku.

Albertus mengatakan agar Kartu Tani Berkah tepat sasaran perlu ada penyandingan beberapa data tidak hanya menggunakan data petani di Sistem Informasi Manajemen Penyuluhan Pertanian (SIMLUHTAN).

Ditunjang lagi Sistem elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (e-RDKK) serta jika memungkinkan ditambah data dari Dinas Sosial.

“Hal ini untuk memastikan bahwa bantuan benar-benar sampai pada petani yang terdata, jangan sampai ada penyalahgunaan bantuan,” tuturnya.

Sebagai informasi Kartu Tani Berkah merupakan program perbantuan kebutuhan sarana produksi (saprodi) petani dengan target 90.000 petani Kalteng. (HERMAWAN DP/j)

Berita Terbaru