Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Siswa SMAN 5 Palangka Raya Diminta Belajar dari Tokoh Teladan untuk Jadi Teladan

  • Oleh Testi Priscilla
  • 27 Februari 2024 - 05:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Menempuh pendidikan adalah proses belajar yang perlu kedisiplinan,  keseriusan, dan konsisten. Proses belajar harus penuh motivasi dan ingin tahu untuk mendapatkan pengetahuan, informasi, dan perubahan yang berlangsung tidak sebentar tapi terus-menerus.

Upacara Senin, 26 Februari 2024 di halaman sekolah berlangsung tertib. Lebih seribu siswa dan puluhan guru serta staf mengikuti dengan khidmat. Pembina upacara, Muhammad Noor menyampaikan amanat kepada para siswa dengan memberikan contoh tokoh yang menunjukkan kegigihannya dalam belajar kreatif dan menyelesaikan masalah.

"Ingatlah, Christopher Columbus yang berani berlayar jauh mengarungi samudera dan akhirnya menemukan benua Amerika itu melalui inisiatif disiplin dan kesungguhan. Begitu pula Thomas Alva Edison menemukan bola lampu pijar juga melalui proses ingin tahu, belajar, dan upaya penuh kesungguhan," katanya saat menjadi Pembina Upacara.

Mempelajari jejak orang-orang atau tokoh bijak atau para pendahulu kita yang telah memberikan keteladanan bisa memotivasi untuk belajar. Apalagi, di era sekarang ini kita semua bebas merdeka untuk belajar menempuh pendidikan di semua jenjang tanpa hambatan. 

"Berbeda dengan zaman penjajahan dulu. Saat itu yang bisa mendapat kesempatan menempuh pendidikan hanya anak  kalangan penjajah, anak bangsawan, anak kaum ningrat, dan anak orang-orang, terpandang. Kalian harus bersyukur karena sekarang semua bisa menikmati pendidikan dengan segala fasilitasnya. Oleh karena itu, belajarlah secara tekun, disiplin, dan kreatif agar dapat berubah menjadi lebih baik," tutur guru Sejarah ini lagi.

Diingatkannya kepada siswa untuk giat lebih belajar agar meraih prestasi. Siswa dapat mengikuti ajang OSN, O2SN, FLS2N, dan kompetisi lainnya. Mengikuti berbagai ajang olimpiade, festival, lomba, dan pertandingan sangat diperlukan untuk membangkitkan rasa percaya diri sekaligus membuka peluang meraih prestasi akademik dan nonakademik.

Lebih lanjut Noor menyampaikan pesan kepala sekolah, Wakasek Kurikulum, dan Kepala TU. Siswa harus menjaga fasilitas sekolah, seperti meja, kursi, dan papan tulis dengan baik. Ini penting agar fasilitas itu lebih awet dan dapat dipergunakan dengan seefektif mungkin.

Siswa kelas XII diharapkan dapat menjadi teladan bagi adik-adik kelasnya. Semakin tinggi kelasnya harus menjadi lebih baik dari segi perilaku, tindakan, dan prestasinya serta karakternya.

Semua siswa  yang belum mengumpulkan ijazah SMP/MTs/sederajat juga diimbau untuk segera menyerahkan ke bagian Tata Usaha. Ini mesti diperhatikan dan sangat penting karena menyangkut ketertiban admistrasi sekaligus sebagai bahan acuan  penulisan ijazah SMA saat lulus nanti.(TESTI PRISCILLA/H)

Berita Terbaru