Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pawai Ogoh-Ogoh di Palangka Raya Kemungkinan Ditiadakan Demi Hormati Umat Muslim Berpuasa

  • Oleh Marini
  • 28 Februari 2024 - 11:59 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pada tahun 2024 ini, Pawai Ogoh-ogoh di Palangka Raya akan ditiadakan, demi menghormati umat muslim yang menjalani ibadah puasa. 

Pawai Ogoh-ogoh merupakan persiapan spiritual menjelang Nyepi. Memiliki makna pembersihan diri mereka dari sifat-sifat buruk dan negatif.

Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kota Palangka Raya I Made Sadiyana mengatakan, Nyepi adalah salah satu hari suci yang paling dihormati oleh masyarakat Hindu. Sebagai persiapan menjelang Nyepi, ada tradisi unik yang dinantikan oleh semua orang, yaitu pawai Ogoh-ogoh.

"Untuk tahun ini apakah Pawai Ogoh-ogoh bisa dilaksanakan atau tidak. Karena Nyepi tanggal 11 dan esoknya tanggal 12 umat muslim berpuasa," katanya, Rabu, 28 Februari 2024.

Dirinya juga mengutarakan, ogoh-ogoh adalah patung raksasa yang terbuat dari bahan-bahan seperti bambu, kayu, kertas, dan bahan daur ulang lainnya. 

"Patung ini melambangkan roh jahat atau kekuatan negatif yang ada di dunia. Pawai Ogoh-ogoh dimaksudkan untuk mengusir kekuatan negatif dari lingkungan sekitar," jelasnya. (MARINI/H)

Berita Terbaru