Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gubernur Kalteng Instruksikan Pemda Jaga Stok Beras

  • Oleh Marini
  • 28 Februari 2024 - 23:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H Sugianto Sabran menginstruksikan, kepada pemerintah daerah (Pemda) kabupaten/kota untuk menjaga ketersediaan stok beras, di setiap wilayahnya. 

Menurutnya, ketersediaan stok akan berpengaruh terhadap kenaikan lonjakan harga dan inflasi. Walaupun faktanya saat ini harga beras juga terus melambung. 

"Saya minta agar bupati, penjabat bupati, dan penjabat wali kota, untuk memantau ketersediaan stok beras. Jangan sampai kekurangan, karena akan mempengaruhi harga jual untuk masyarakat," pintanya, Rabu, 28 Februari 2025.

Pemkab/pemko diminta agar memperhatikan jalur distribusi beras. Serta harus dapat bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dalam mengawasi distribusi beras di wilayahnya masing-masing. 

"Kita harus memastikan agar distribusi beras tidak terganggu, terutama pada daerah yang terendam banjir. Kondisi jalan harus benar-benar dicek agar kendaraan yang mengantarkan stok beras tidak terganggu," intruksinya. 

Selain itu, gubernur dua periode tersebut juga meminta, agar pemerintah kabupaten/kota dapat memberikan subsidi untuk menekan lonjakan harga beras. Pemberian subsidi dapat dilakukan dengan memprioritaskan pada daerah-daerah tertentu. 

"Saya mendorong pemerintah daerah untuk memperkuat cadangan pangan di wilayahnya masing-masing, guna menjaga stabilitas stok dan harga bahan pangan, utamanya di daerah terdampak banjir," bebernya.

Dirinya juga meminta harus ada cadangan pangan di daerah. minta agar tersebut dapat menjadi perhatian, pastikan stok bahan pangan tersedia dan mencukupi di wilayah Kalteng.

"Jangan sampai kurang, karena bisa memicu inflasi," tandasnya. (MARINI/j)

Berita Terbaru