Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Terlanjur Dipandang Negatif, Ini Keunggulan Pinjaman Online

  • Oleh Testi Priscilla
  • 29 Februari 2024 - 08:00 WIB

BORNEONEWS, Banjarbaru - Pinjaman online atau pinjol merupakan satu dari produk peer to peer lending atau P2P, selain Bank Digital dan Multifinance. Kalangan Otoritas Jasa Keuangan atau OJK enggan menyebutnya dengan pinjol dan lebih memilih istilah P2P Lending untuk menyebut pinjaman online. Hal ini lantaran kesan negatif terkait pinjol yang sudah terlanjur menyebar di masyarakat luas.

Padahal menurut Kepala Departemen Pengawasan Lembaga Keuangan Mikro dan Lembaga Jasa Keuangan Lainnya, Edi Setijawan, keberadaan pinjol tidak sepenuhnya negatif seperti pemberitaan yang selama ini beredar. Banyak keunggulan dari pinjaman online yang tidak bisa diberikan oleh lembaga jasa keuangan lainnya yang lebih besar, seperti perbankkan.

"Kita sebenarnya tidak mau menggunakan istilah pinjol ini karena kesan yang ada di masyarakat sudah terlanjur negatif, padahal ada sisi unggul dari pinjol yang tidak bisa didapatkan dari sektor jasa keuangan lainnya," kata Edi saat menjadi salah satu pembicara dalam kegiatan Journalist Class Angkatan 8 Otoritas Jasa Keuangan bagi wartawan Kalsel dan Kalteng pada Rabu, 28 Februari 2024 di Banjarbaru.

Edi memaparkan kepada 40 peserta dari Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan itu beberapa keunggulan dari pinjol yang selama ini tertutup informasinya dengan informasi negatif. 

Keunggulan pertama, katanya, ialah proses yang sangat cepat. Untuk mendapatkan dana dadakan yang cepat dan persyaratan yang mudah, pilihan pertama yang dimiliki masyarakat adalah pinjol.

"Keputusan pemberian pendanaan tidak dilakukan manual oleh orang, tetapi menggunakan artificial intelligence sehingga dapat dilakukan dengan cepat," jelas Edi di Grand Qin Hotel, Banjarbaru.

Selain itu, lanjut Edi, syarat dokumen pengajuan pinjaman online biasanya tidak banyak dan syarat lainnya mudah dipenuhi.

"Dalam pendanaan dengan jumlah kecil, kadang hanya diminta foto KTP dan video singkat," katanya.

Keunggulan lainnya lagi menurut Edi ialah pengajuan pendanaan yang dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. Calon penerima dana tidak harus bertemu langsung atau mendatangi kantor penyelenggara fintech.

Dapat memilih pihak yang didanai pun menjadi keunggulan lainnya. Pemberi pendanaan atau lender dapat memilih pihak yang akan didanai dan dapat memilih penerima pendanaan atau borrower berdasarkan selera risiko yang disebut risk appetite.

"Jadi pinjol ini sebenarnya hanya platform penyelenggara fintech lending yang mempertemukan lender dan borrower, atau kalau dalam istilah bank ini debitur dan kreditur. Jadi bukan pinjol yang punya dana melainkan lender, yang disalurkan melalui penyelenggara," jelas Edi.

Berita Terbaru