Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mandailing Natal Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

34 Usulan Dipaparkan Pada Musrenbang RKPD Kecamatan Montallat

  • Oleh Ramadani
  • 29 Februari 2024 - 20:10 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Pemerintah Kabupaten Barito Utara saat ini tengah melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) tingkat kecamatan.

Pada Musrenbang RKPD di Kecamatan Montallat ada 34 usulan prioritas yang disampaikan oleh Camat Montallat kepada Pj Bupati Barito Utara dan jajaran SKPD.

Camat Montallat M Nurgabrianudin yang juga selaku ketua tim pelaksana musrembang kecamatan Montallat menyampaikan, bahwa Musrenbang RKPD tingkat Kecamatan Montallat merupakan forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan di tingkat kecamatan.

“Kegiatan ini bertujuan untuk membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan prioritas pembangunan di wilayah Kecamatan Montallat dan peresmian fasilitas bangunan pemerintah desa Paring Lahung kecamatan Montallat,” ungkapnya, Kamis, 29 Februari 2024.

Musrenbang RKPD kecamatan Montallat memuat 34 usulan-usulan prioritas yang nantinya bertujuan agar aspirasi dan kebutuhan masyarakat dapat terakomodasi ke dalam proses perencanaan untuk tahun berikutnya yang dilakukan pemerintah setempat, diantaranya pengadaan UPT Damkar dan UPT BPBD Kelurahan Tumpung Laung II, pengerasan dan Pembuatan jalan rigid di beberapa titik Desa Sikan, pembuatan rumah Betang Desa Rubei dan usulan prioritas lainnya.

Sementara Pj Bupati Barito Utara, Drs Muhlis mengatakan, musrenbang kecamatan membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan desa/kelurahan yang menjadi kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan pada tahun 2025 yang akan datang.

"Saya juga berharap pada pelaksanaan musrenbang kecamatan ini, agar seluruh perangkat daerah dan pihak terkait lainnya dapat berperan aktif dalam pembahasan, sehingga aspirasi dan usulan yang disampaikan dapat menjadi prioritas utama sebagai bahan untuk dibahas pada tahapan forum gabungan perangkat daerah yang akan dilaksanakan pada minggu pertama maret 2024 dan Musrenbang RKPD di kabupaten tahun 2024 yang rencananya akan dilaksanakan pada 15 April 2024" tutup Muhlis.  

Pelaksanaan Musrenbang RKPD kecamatan Montallat tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Dimana, untuk tahun ini kegiatan dilaksanakan di desa Paring Lahung yang sekaligus dilaksanakannya peresmian fasilitas bangunan pemerintahan desa Paring Lahung kecamatan Montallat oleh penjabat Bupati Barito Utara.

Beberapa fasilitas bangunan dimaksud antara lain Kantor Desa Paring Lahung, Puskesmas Pembantu Paring Lahung, Polindes Paring Lahung, Posyandu Paring Lahung, SMPN-4 Montallat, dan TK-PAUD Tunas Bangsa Paring Lahung. Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti di semua fasilitas bangunan yang diresmikan oleh Pj Bupati Barito Utara, Drs Muhlis.

Kegiatan dirangkai dengan pemberian vitamin A kepada balita oleh Pj Bupati Barito Utara, didampingi Ibu ketua tim penggerak PKK kabupaten Barito Utara, Marsiana Muhlis dan unsur Kepala Perangkat Daerah, penandatanganan prasasti peresmian fasilitas bangunan dan pemotongan pita kantor desa Paring Lahung yang dilanjutkan dengan peninjauan kantor desa, sekolah, posyandu, pustu, polindes serta TK/PAUD Desa Paring Lahung yang diresmikan. (RAMADHANI/j)

Berita Terbaru