Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sudah 7 Hari Pencarian ABK Kapal Cumi di Perairan Seruyan Belum Juga Ditemukan

  • Oleh Fahrul Haidi
  • 02 Maret 2024 - 09:35 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Hingga hari ke tujuh pencarian Anak Buah Kapal atau ABK KM Samudra 3 yang merupakan kapal nelayan pencari cumi-cumi asal Muara Baru Jakarta, yang terjatuh ke laut di Perairan Kabupaten Seruyan, belum berhasil ditemukan.

Koordinator Lapangan Basarnas dalam Ops SAR Indra Saputra mengatakan, hingga, Jumat, 1 Maret 2024, Tim SAR Gabungan masih mengupayakan pencarian sesuai dengan rencana operasi, namun belum menemukan tanda-tanda keberadaan korban.

"Pencarian telah kami upayakan secara maksimal, namun kendala yang dihadapi Tim di lapangan adalah luasnya area pencarian, gelombang yang tinggi dan cuaca yang cepat berubah sehingga membatasi waktu dan pergerakan dalam pelaksanaan pencarian." katanya.

Tim Basarnas melakukan evaluasi dan berkoordinasi dengan unsur SAR terkait, agen kapal serta pihak keluarga perihal pelaksanaan Operasi SAR sampai dengan hari ke 7.

Dengan mengacu pada undang-undang Nomor 29 tahun 2014 Operasi SAR dihentikan pada hari ke 7 dan selanjutnya akan dilakukan pemantauan terhadap tanda-tanda keberadaan korban.

Kepala Kantor Basarnas Palangka Raya, AA. Alit Supartana mengatakan Operasi SAR Man Over Boat ABK KM Samudra 3 selanjutnya akan dilakukan pemantauan.

Namun tidak menutup kemungkinan akan dilanjutkan kembali apabila ada tanda-tanda keberadaan korban.

"Kami sampaikan terima kasih kepada seluruh unsur SAR yang terlibat dalam pencarian. Dengan ditutupnya Operasi SAR  ini, maka unsur yang terlibat kembali ke ke satuannya masing masing, “ tandasnya. (FAHRUL/H)

Berita Terbaru