Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Legislator Sebut Cagar Budaya Wajib Dipertahankan

  • Oleh Donny Damara
  • 03 Maret 2024 - 14:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Legislator Kalteng, Ina Prayawati menyebut cagar budaya wajib untuk dipertahankan dan dilestarikan, sebab pastinya itu memiliki nilai sejarah bagi suatu daerah.

Di Kalteng sendiri terdapat banyak cagar budaya yang bernilai sejarah, sehingga itu agar dipertahankan bahkan dilestarikan melalui pengelolaan serta revitalisasi baik oleh pemda maupun pihak terkait bahkan masyarakat.

"Nilai sejarah dari cagar budaya jangan sampai diabaikan, dan itu juga merupakan kekayaan yang dimiliki daerah, sehingga wajib untuk dipertahankan dan dilestarikan oleh semua pihak," ucapnya, Minggu, 3 Maret 2024.

Ina mencontohkan, seperti halnya gedung KONI lama di Kota Palangka Raya yang diwacanakan untuk dijadikan kawasan ruang terbuka hijau (RTH), gedung itu memiliki nilai sejarah bagi Kalteng semenjak mulai berdiri.

Gedung KONI lama itu dulunya yakni pada era tahun 1980an merupakan kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalteng, sehingga patut dan wajib dipertahankan mengingat nilai sejarah yang ada.

"Jadi memang, cagar budaya ini tidak semestinya begitu saja diabaikan. Cagar budaya hendaknya dipertahankan dan dilestarikan, tidak hanya gedung KONI lama tapi juga yang lainnya," pungkasnya. (DONNY D/j)

Berita Terbaru