Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Katingan Optimalkan Bunda PAUD Tingkatkan Kualitas Pendidikan

  • Oleh ANTARA
  • 04 Maret 2024 - 08:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan terus mengoptimalkan peran Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan anak di daerah itu. 

Penjabat (Pj) Bupati Katingan Saiful di Kasongan, Minggu, mengatakan keberadaan Bunda PAUD dari tingkat desa, kelurahan, kecamatan, dan kabupaten, sangatlah penting untuk menggerakkan segenap komponen dan sumber daya yang ada di wilayahnya.

"Sehingga Bunda PAUD menjadi lokomotif untuk mendorong segenap elemen masyarakat dalam membangun komunikasi dengan semua pemangku kepentingan di Kabupaten Katingan," kata Saiful.

Keberadaan Bunda PAUD pun juga diharap dapat memberikan manfaat untuk dunia pendidikan anak di usia dini yang ada di Kabupaten Katingan.

"Dengan keberadaan tersebut, kiranya selalu bersinergi dengan berbagai pihak seperti tim penggerak PKK dan Dharma Wanita, Pokja Bunda PAUD Kabupaten, Organisasi mitra PAUD, dan OPD terkait," katanya.

Pernyataan itu disampaikan Saiful saat dikonfirmasi terkait pengukuhan Bunda PAUD Kecamatan dan Desa Se-Kabupaten Katingan, di Aula Lantai II Dinas Pendidikan Kabupaten Katingan.

Dia juga mengingatkan semua OPD, apabila ada program berkaitan dengan PAUD  untuk bisa berkolaborasi bersama Bunda PAUD demi kemajuan pendidikan anak-anak usia dini.

“Selamat untuk Bunda PAUD Kecamatan dan Bunda PAUD Desa. Kiranya dengan adanya tugas dan tanggung jawab ini bisa segera melakukan sinergi langkah-langkah konkrit untuk dunia PAUD yang ada di wilayah masing-masing. Kita tunggu kinerjanya," kata Saiful.

Sementara itu Bunda PAUD Katingan Sumiati mengatakan peran bunda PAUD adalah simbol sekaligus mitra utama dalam gerakan nasional PAUD maupun sebagai sosok ibu yang merupakan tokoh sentral di setiap jenjang pemerintahan. Keberadaan Bunda PAUD dapat memotivasi masyarakat dan pemangku kepentingan.

Selain itu Bunda PAUD juga membahas persoalan stunting yang menjadi perhatian khusus pemerintah mulai dari pusat sampai ke daerah dan kasus stunting merupakan masalah kesehatan masyarakat.

"Oleh sebab itu saya meminta peran Bunda PAUD kecamatan dan desa untuk ikut serta membantu menggerakkan komponen dan sumber daya di wilayahnya masing-masing mencegah stunting sembari mendorong penguatan PAUD yang berkualitas," kata Sumiati.

ANTARA

Berita Terbaru