Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Minahasa Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Indonesia Ikuti Festival Film Internasional di Sejumlah Negara

  • Oleh ANTARA
  • 05 Maret 2024 - 11:30 WIB

BORNEONEWS, Bali - Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) diagendakan membawa beberapa film anak bangsa untuk mengikuti festival film internasional di beberapa negara selama 2024.

"Festival pertama yang akan diikuti yakni Hongkong Internasional Film and TV Market atau FILMART 10-14 Maret," kata Direktur Perfilman, Musik dan Media, Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek Ahmad Mahendra dalam keterangan yang diterima di Bali, Selasa, 5 Maret 2024.

Ia menjelaskan, Hongkong menjadi negara ke-19 dari maraton promosi film dan kebudayaan Indonesia yang telah di fasilitasi Kemendikbudristek sejak tahun 2023.

Pada event FILMART 2024 akan mencakup berbagai kegiatan seperti Indonesia Pavilion, Networking Events, Panel Discussion, dan Market Screening bertema "Discover Indonesia" hasil kolaborasi antarinstansi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta.

"Kegiatan itu melibatkan sebanyak 15 delegasi rumah produksi dan dua penyelenggara festival film Indonesia," ujarnya.

Partisipasi tersebut membawa misi untuk memperkenalkan secara luas karya-karya film anak negeri dengan harapan mendukung pertumbuhan industri kreatif domestik yang sarat akan nilai kebudayaan Indonesia.

Selanjutnya, delegasi itu juga akan mengikuti Udine Far East Film Festival (Italia), Festival Film Cannes, Bucheon International Fantastic Film Festival dan Busan International Film Festival (Korea Selatan) 2024.

Direktorat Perfilman Kemendikbud mencatat setidaknya ada 50 judul film yang turut ditampilkan dalam serangkaian kegiatan itu, sebagaimana yang telah ditampilkan pada 24 festival film di 18 negara sebelumnya.

"Kehadiran di berbagai festival ini menegaskan komitmen Kemendikbudristek untuk memperkuat posisi film Indonesia di pasar film global," kata dia.

Ketua Bidang Festival dan Penyelenggara Kegiatan Badan Perfilman Indonesia Vivian Idris menambahkan, keaktifan mengikuti berbagai festival merupakan langkah strategis yang tidak hanya memperkenalkan kekayaan budaya Indonesia tetapi juga membuka peluang baru bagi sineas domestik dikenal pasar global.

Berita Terbaru