Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BI Kalteng Prediksi Tekanan Inflasi Meningkat pada Maret 2024

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 05 Maret 2024 - 15:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Bank Indonesia (BI) Perwakilan Kalteng memprediksi peningkatan tekanan inflasi pada Maret 2024.

 “Tekanan inflasi di Kalteng pada Maret 2024 diperkirakan meningkat,” kata Kepala Perwakilan BI Provinsi Kalteng, Taufik Saleh dalam keterangannya saat rangkaian Rakor TPID di Ruang Rapat Bajakah, Senin, 4 Maret 2024.

 Adapun faktor pendorong inflasi dikarenakan pergeseran panen komoditas tanaman pangan karena El Nino yang berlangsung lebih panjang menggeser masa tanam komoditas terkait.

Kemudian, potensi terjadinya La Nina pada pertengahan tahun 2024, tarif cukai hasil tembakau (CHT) naik 10 persen mulai Januari 2024.

Ditunjang, keterbatasan pasokan beberapa komoditas hortikultura karena belum memasuki masa panen, potensi menurunnya hasil tangkap perikanan karena curah hujan tinggi dan peningkatan permintaan pada periode HBKN Ramadhan dan Idul Fitri.

Selain itu, diperkirakan ada beberapa faktor penahan inflasi adanya pengendalian inflasi oleh Pemda dan penanganan perubahan cuaca ekstrem oleh Dinas terkait.

Ditambah dengan berlangsungnya panen beras pada bulan Maret 2024 serta penurunan harga BBM non subsidi per 1 Januari 2024. Prakiraan alokasi subsidi BBM tahun 2024 meningkat 10 persen. (HERMAWAN DP/Y)

Berita Terbaru