Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kotawaringin Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Literasi Penting untuk Meraih Kecakapan Hidup

  • Oleh Testi Priscilla
  • 05 Maret 2024 - 17:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Literasi merupakan kemauan dan keterampilan seseorang untuk mengolah informasi dan pengetahuan, serta keterampilan untuk meraih kecakapan hidup agar dapat menyelesaikan masalah dengan baik sesuai dengan kemampuannya.

Hal ini disampaikan Wakasek Humas dan Publikasi SMAN 5 Palangka Raya, Lukman Juhara saat menjadi salah satu pembicara yang menyampaikan materi "Upaya SMAN 5 Palangka Raya dalam Menguatkan Semangat Berliterasi" dalam kegiatan Koordinasi Program Penguatan Literasi dan Numerasi yang digelar Balai Penjaminan Mutu Pendidikan atau BPMP Kalimantan Tengah baru-baru ini.

"Ini berarti literasi bukan hanya sekadar keterampilan membaca dan menulis," kata Lukman menegaskan.

Menurut Lukman, banyak hal dalam kehidupan ini yang juga memerlukan keterampilan berliterasi, seperti literasi digital, literasi sains, literasi keuangan, literasi numerasi, dan literasi budaya.

"Bahkan, literasi pun masih bisa berkembang ke aspek lain lain," katanya.

Memang literasi membaca dan menulis katanya tetap sangat penting. Dengan literasi membaca dan menulis, seseorang dapat menimba berbagai informasi dan pengetahuan serta keterampilan yang diperlukan.

"Selain itu, dengan literasi ini kita dapat berbagi pikiran, ide, gagasan, dan informasi kepada orang lain," bebernya lagi.

Kegiatan tersebut terselenggara dengan menggandeng Balai Guru Penggerak atau BGP dan Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah atau BBPKT. Sementara materi Program Penguatan Literasi dan Numerasi oleh Balai Guru Penggerak atau BGP Kalteng, kemudian Program Penguatan Literasi dan Numerasi oleh Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah atau BPMP Kalteng, Program Penguatan Literasi dan Numerasi disampaikan oleh Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah atau BBPKT, lalu materi Strategi Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi dalam Pembelajaran di Sekolah oleh IAIN Palangka Raya, dan Upaya SMAN 5 Palangka Raya dalam Menguatkan Semangat Berliterasi yang disampaikan pihak SMAN 5 Palangka Raya. (TESTI PRISCILLA/Y)

Berita Terbaru