Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Terkendala hal ini Disdukcapil Kapuas tak Bisa Terbitkan Dokumen Kependudukan, Warga Mengeluh

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 06 Maret 2024 - 12:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau Disdukcapil Kabupaten Kapuas saat ini tidak bisa menerbitkan dokumen kependudukan.

Sesuai dengan pengumuman yang terpajang di kantor Disdukcapil Kabupaten Kapuas, yakni, sehubungan dengan adanya pergantian pejabat Disdukcapil Kabupaten Kapuas, untuk sementara pencetakan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil tidak bisa dilakukan sampai dengan pergantian pejabat dan proses TTE (Tanda Tangan Elektronik selesai).

Untuk administrasi kependudukan berupa penerimaan permohonan penerbitan dokumen dan perekaman KTP elektronik tetap dilaksanakan.

Informasi yang terhimpun, diketahui pergantian pejabat yang dimaksud adalah Plt Kepala Disdukcapil Kapuas yang sebelumnya dijabat oleh Sipie S Bungai digantikan dan ditunjuk pejabat yang baru.

Atas kondisi tersebut, warga pun dibuat kebingungan dan mengeluhkannya, diantaranya terpantau dari media sosial Facebook di salah satu grup, akun bernama Puach yang bertanya informasi apakah kantor Dukcapil tutup

"Sdh bbrp Hri sdh hndk meurus KK dg kawan ..tutup, ada pengungumannya (Sudah beberapa hari ingin mengurus Kartu Keluarga dengan teman tidak bisa," tulis akun tersebut.

Dirinya juga ingin mengurus surat pindah, sehingga mempertanyakan kebenaran informasi tak bisa terlayaninya penerbitan dokumen kependudukan. "Maka sorang perlu banar, kyapa kyni solusinya," tulisnya lagi menjawab sejumlah komentar akun lain.

Sementara itu, Sekretaris Disdukcapil Kapuas, Sipie S Bungai saat dikonfirmasi membenarkan adanya pengumuman atau pemberitahuan tersebut.

"Iya, sudah 10 hari ini penerbitan dokumen kependudukan masih belum bisa," kata Sipie S Bungai, Rabu, 6 Maret 2024.

Saat ditanya sampai kapan proses pergantian pejabat dan TTE tersebut, iapun belum mengetahuinya.

"Nah kita belum tahu, kemarin sudah diusulkan namun sampai sekarang masih belum juga terbit. Tapi, kalau ingin lebih jelas dapat ditanyakan kepada ibu Kepala BKPSDM," pungkasnya.

Berita Terbaru