Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Psikolog: Pentingnya Pendampingan Orang Tua Terhadap Anak Korban Kekerasan

  • Oleh Pathur Rahman
  • 06 Maret 2024 - 21:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Psikolog Cahaya Afriani Napitupulu menyoroti dampak negatif kekerasan yang dicontohkan oleh orang dewasa terhadap anak-anak.

Menurutnya, anak-anak cenderung meniru perilaku yang mereka lihat, sehingga tindakan kekerasan oleh orang dewasa, termasuk orang tua, dapat berdampak buruk pada anak-anak.

"Dampak negatif dari kekerasan bisa bermacam-macam, dan inilah mengapa pendampingan anak sangat penting dan harus dilakukan secara kontinyu sampai clear," ujar Cahaya Rabu, 6 Maret 2024.

Anak-anak yang mendapatkan dukungan yang baik dari orang tua cenderung tidak mengalami trauma. Namun, sekolah juga memiliki peran penting dalam memastikan keamanan anak-anak dari kekerasan.

Cahaya menekankan perlunya dukungan dan pengamatan dari orang tua terhadap anak-anak, serta pentingnya peran sekolah dalam menciptakan lingkungan yang aman dan mendukung bagi anak - anak.

Lanjutnya kondisi anak yang baik, ceria, dan memiliki kepribadian yang kuat merupakan hasil dari pendampingan yang baik dari orang tua dan lingkungan sekolah yang mendukung,

"Orang tua perlu memperhatikan kebijakan sekolah dan membantu anak-anak mereka merasa aman dan nyaman di lingkungan sekolah," tutupnya. (PATHUR/H)

Berita Terbaru