Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Peminjam Dana Online Didominasi Gen Z dan Gen Y

  • Oleh Testi Priscilla
  • 11 Maret 2024 - 17:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Otoritas Jasa Keuangan atau OJK Provinsi Kalimantan Tengah, Otto Fitriandy mengatakan bahwa peminjam dana dari pinjaman online atau pinjol yang disebut dalam istilah Borrower didominasi Gen Z dan Gen Y sebanyak 10,47 juta atau 57,94 persen dari total borrower aktif.

"Total aset P2P Lending mencapai Rp7,04 Triliun dengan rincian industri konvensional sebanyak Rp6,90 triliun dan Syariah Rp138,69 miliar," kata Otto pada Senin, 11 Maret 2024.

Dalam proses bisnis pengawasan P2PL, kata Otto, terdapat beberapa proses antara lain pemeriksaan off-site, pemeriksaan on-site, sanksi dan pelanggaran bagi P2PL yang melanggar, koordinasi Kantor Pusat OJK dan Kantor OJK Daerah, penilaian kembali pihak utama yang dilakukan dalam hal terdapat indikasi keterlibatan dan bertanggung jawab terhadap permasalahan integritas, reputasi keuangan, dan kompetensi, serta proses pengawasan Market Conduct dan Prudensial.

"Tantangan Pengawasan P2PL pun tidak sedikit, seperti pertumbuhan industri sangat tinggi, transaksi sangat cepat, keamanan siber dan teknologi informasi. Kemudian juga penyelenggara didominasi milenial, Governance, Risk Management dan Compliance relative rendah, literasi digital dan keuangan masyarakat rendah dan dibayangi pinjol ilegal," tuturnya lagi.

Sementara itu peluang pengawasan P2PL, lanjut Otto, potensi dan adopsi layanan digital masyarakat, penetapan UU P2SK, implementasi perlindungan data, dan dukungan asosiasi dan stakeholders. (TESTI PRISCILLA/j)

Berita Terbaru