Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Begini Waktu Belajar Mengajar di Kabupaten Gunung Mas Selama Bulan Ramadan

  • Oleh Riska Yulyana
  • 12 Maret 2024 - 16:50 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Wakil Bupati Gunung Mas Efrensia L.P Umbing beberkan terkait waktu belajar mengajar di wilayah setempat selama Bulan Ramadan. 

"Berdasarkan surat edaran dari Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Gunung Mas, ada libur di awal Bulan Ramadan dan menjelang Idulfitri," ujar Efrensia, Selasa, 12 Maret 2024.

Selain itu, jam masuk sekolah selama Bulan Ramadan juga berbeda dengan jam mulai pembelajaran sebelum Bulan Ramadan.

Sementara itu, Kepala Disdikpora Kabupaten Gunung Mas Aprianto menjelaskan, libur awal Bulan Ramadan untuk TK/PAUD, SD dan SMP di Gunung Mas yakni pada tanggal, 8,9,13 dan 14 Maret 2024.

"Lalu, kegiatan belajar mengajar kembali dilaksanakan pada tanggal 15 Maret 2024 dengan memperhatikan hal-hal lain," paparnya.

Hal-hal lain yang dimaksud yakni, pertama, kegiatan belajar mengajar dilaksanakan pada pukul 07.30 WIB, untuk TK/PAUD yang semula kegiatan belajar mengajar dilaksanakan 30 menit per jam pelajaran menjadi 20 menit per jam perlajaran.

Kemudian, untuk jenjang SD yang semula 35 menit per jam pelajaran menjadi 25 menit per jam pelajaran. Untuk jenjang SMP yang mulanya 40 menit per jam pelajaran menjadi 30 menit per jam pelajaran.

Sedangkan jam istirahat ditentukan oleh satuan pendidikan masing-masing. Selama bulan Ramadan, kegiatan belajar mengajar praktik yag banyak menggunakan aktivitas fisik untuk sementara ditiadakan.

"Untuk Idulfitri yakni tanggal 10 dan 11 April 2024, cuti bersama dimulai tanggal 8,12,13,15 April 2024. Kemudian kegiatan belajar mengajar masuk kembali pada 16 April 2024," jelas Aprianto.

Lebih lanjut dijelaskan, selama libur khusus puasa, guru pendidikan agama dan budi pekerti diminta memberikan tugs kepada peserta didik tentang peningkatan pendidikan karakter keagamaan.

"Penguatan pendidikan karakter keagamaan peserta didik pada Bulan Ramadhan merupakan momentum yang sangat penting untuk dilaksanakan dengan sebaik-baiknya," tukasnya.

Kepada seluruh satuan pendidikan di Kabupaten Gunung Mas agar dapat memelihara dan meningkatkan kualitas kerukunan serta sikap toleransi antar umat beragama di Kabupaten Gunung Mas.

Sehingga pelaksanaan obadah puasa Ramadan bagi seluruh umat Islam dapat berjalan aman, tertib dan lancar di Kabupaten Gunung Mas. (RISKA YULYANA/j)

Berita Terbaru