Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPS Kalteng: Waspada Inflasi dari Daging Ayam Ras

  • Oleh Marini
  • 13 Maret 2024 - 17:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala BPS Provinsi Kalteng Eko Marsoro mengatakan, daging ayam ras salah satu komoditas yang menyebabkan inflasi.

Hal ini tercatat pada bulan Januari 2024 sampai Februari 2024 yang telah terjadi di Palangka Raya, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kota Sampit) Kabupaten Kapuas, dan Kabupaten Sukamara.

"Inflasi yang disebabkan oleh ayam ras patut diwaspadai. Untuk itu, harus terus dilaksanakan pemantauan harga di pasaran, dengan cara melakukan operasi pasar murah maupun kegiatan bantuan ketersediaan stok daging ayam ras lainnya," katanya, Rabu, 13 Maret 2024.

Berdasarkan data inflasi, indeks harga konsumen IHK pada Februari 2024 lalu tetap terjaga, dalam kisaran sasaran 2,5 persen. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik inflasi IHK Februari 2024 tercatat sebesar 0,37 (mtm), sehingga secara tahunan menjadi 2,75 persen (yoy).

"Mengingat bahwa daging ayam ras merupakan komoditas penyumbang inflasi tertinggi pada bulan Januari 2024 lalu, keadaan tersebut patut dijaga dan diwaspadai, terutama pada bulan Maret 2024 ini saat menjelang hari besar keagamaan yakni Ramadan," jelasnya.

Menurutnya, inflasi pada ayam ras terjadi akibat permasalahan pakan ternak sebagai kebutuhan pokok para peternak. Pakan ternak yang utama adalah jagung mengalami masa sulit panen akibat dampak dari el nino atau musim kering.

Selain itu, pihaknya juga menganalisa ada beberapa faktor yang mempengaruhi inflasi pada daging ayam ras, diantaranya adalah biaya produksi di tingkat peternak, serta terjadinya fluktuasi terkait bahan baku dan biaya transportasi. (MARINI/j)

Berita Terbaru