Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DLH Palangka Raya Uji Komsioning Mesin di Pusat Daur Ulang Sampah

  • Oleh Hendri
  • 15 Maret 2024 - 20:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Palangka Raya melakukan uji komsioning mesin di Pusat Daur Ulang Sampah, Kelurahan Panarung, Kecamatan Pahandut.

Pusat daur ulang ini telah memasuki tahap finishing dan siap untuk difungsikan. Sehingga dilakukan pengujian dan pelatihan," kata Kepala DLH Palangka Raya, Achmad Zaini, Jumat, 15 Maret 2024.

Proyek pembangunan ini, dibangun oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sebagai penghargaan atas keberhasilan Palangka Raya meraih penghargaan Adipura.

Keberadaan Pusat Daur Ulang (PDU) sangat penting bagi masyarakat. Selain sebagai sarana pengelolaan sampah yang lebih baik, PDU juga berfungsi sebagai pusat edukasi.

Salah satu fitur menariknya adalah mesin pilah sampah otomatis yang berkolaborasi dengan tenaga manual.


PDU ini memiliki kapasitas untuk mengolah hingga 10 ton sampah per hari. Seluruh sampah yang terkumpul akan diolah menjadi pupuk kompos dan bahan baku pembuatan paving berbahan plastik.

"Tujuan jangka panjang dari pusat daur ulang ini adalah mengurangi jumlah sampah yang dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA)," ujarnya.

Dengan adanya PDU dapat mencapai target pengurangan sampah sebesar 30 persen pada tahun 2025. Hal ini sejalan dengan target Pj Wali Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu. (HENDRI/Y)

Berita Terbaru