Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kepala Dinas PMD Kapuas Dorong Desa Berpotensi Siapkan Program Perhutanan Sosial

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 15 Maret 2024 - 23:10 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Kapuas, Budi Kurniawan mendorong desa-desa yang berpotensi untuk menyiapkan program atau diusulkan memiliki perhutanan sosial.

Hal itu ia sampaikan seusai melaksanakan Rapat koordinasi (Rakor) percepatan pembangunan perhutanan sosial, bertempat di Aula Dinas PMD Kapuas.

"Mendorong desa desa yang memang punya potensi perhutanan sosial didorong segera masuk diusulkan memiliki perhutanan sosial," katanya, Jumat, 15 Maret 2024.

Karenanya, Rakor tersebut diadakan untuk percepatan pembangunan perhutanan sosial di Kabupaten Kapuas baik itu skema hutan desa, hutan adat, hutan kemasyarakatan maupun skema skema perhutanan sosial yang lain.

"Kalau di Kabupaten Kapuas yang sudah punya SK hutan desa itu ada 15 desa dengan total luas hampir 31 ribu haktare, kemudian juga yang di masyarakat tadi ada 9 desa HKm (Hutan Kemasyarakatan) totalnya 3 ribu hektare dan ada potensi yang bisa kita dorong untuk bisa menjadi perhutanan sosial itu 71 ribu hektare tersebar di 45 desa," ucapnya.

Sehingga, pihaknya mendorong agar Pemerintah desa (Pemdes) menginventarisir bakal perhutanan sosial yang ada di wilayah masing-masing, baik itu hutan desa, hutan adat dan lain lain.

"Terkait apa aktivitasnya, pendampingannya siapa saja, kemudian sudah sejauh mana perkembangannya dan hal hal apa yang diperlukan untuk mendorong bisa maksimal lagi operasionalnya," pungkasnya. (DODI/j)

Berita Terbaru