Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Plafon Lantai Dua Pasar Ampah Terbakar, Diduga Karena ODGJ

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 15 Maret 2024 - 23:22 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Warga di sekitar Pasar Beringin Ampah Kelurahan Ampah Kota Kabupaten Barito Timur dikejutkan oleh asap yang tiba-tiba mengepul di atas atap pasar menjelang waktu berbuka puasa, Jumat, 15 Maret 2024.

Beruntung relawan gabungan dan unit pemadam BPBD Damkar Barito Timur bergerak cepat mengatasi kebakaran tersebut sehingga api berhasil dipadamkan sebelum menyebar luas.

Lurah Ampah Kota Davi Pramana yang dihubungi via pesan Whatsapp membenarkan adanya kebakaran. Dia menjelaskan, yang terbakar adalah plafon dan rangka atap lantai dua Pasar Ampah.

"Jadi yang terbakar plafon lantai atas dan dan rangka atap. Info dari warga ada orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang biasa tidur di pasar membakar boneka dan melemparkan ke plafon," ujar Davi.

Setelah aliran listrik dimatikan, kemudian tangki unit pemadam dari BPK Samuja, RGB-33, Komsar, unit pemadam BPBD Damkar Barito Timur menyemprotkan air ke sumber api.

"Kondisi terkini hingga malam ini aliran listrik di los pasar diputuskan sementara sampai ada perbaikan dari pihak PLN," kata Davi.

Lurah Ampah Kota kemudian mengucapkan terima kasih kepada relawan dan petugas damkar BPBD Damkar pos Ampah yang telah merespons cepat panggilan darurat dari warga dan sudah mengambil tindakan tepat serta mengkordinir pasukannya agar api tidak menjalar ke mana-mana.

"Saya juga mengimbau warga kalau melihat hal-hal yang diperkirakan akan menimbulkan bencana kebakaran agar segera menghubungi nomor-nomor relawan damkar ataupun nomor emergency agar bisa mengurangi dampak yang diakibatkan kebakaran," pesannya.

Menurut Davi, kecepatan informasi itu adalah tolok ukur keberhasilan para relawan dan petugas untuk menyelamatkan banyak harta benda dari amukan si jago merah.

"Ingat, api ketika kecil bisa jadi sahabat, ketika api sudah membesar besar bisa jadi musuh yang sangat berbahaya," ucapnya. (BOLE MALO/j)

Berita Terbaru