Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Dukcapil Kapuas Dikunjungi Anggota DPRD Barito Kuala, Studi Komparatif Soal Ini

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 18 Maret 2024 - 19:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kapuas menerima kunjungan kerja jajaran Komisi I DPRD Barito Kuala (Batola), Kalsel pada Senin, 18 Maret 2024.

Sekretaris Dinas Dukcapil Kabupaten Kapuas, Sipie S Bungai menerima kunjungan rombongan yang dipimpin Ketua Komisi I DPRD Batola, Basuki.

Sipie S Bungai mengatakan kunjungan mereka bertujuan untuk studi komparatif tentang pemberlakuan KTP bagi warga yang berdomisili di Kabupaten Kapuas, namun bekerja di luar Kabupaten Kapuas (daerah perbatasan) oleh Dinas Dukcapil Kapuas. 

Dalam mengatasi hal tersebut, Sipie mencontohkan yang juga ada terjadi di Kecamatan Timpah. 

"Kebanyakan mereka (warga di Timpah) kebanyakan dari Banjarmasin. Jadi solusinya dari kami waktu mereka membuat izin usahanya, keperluan dan sebagainya mereka harus pindah domisilinya, jadi yang berperan disitu camat dan lurah atau langsung Disdukcapil," kata Sipie.

Selanjutnya, solusi lainnya itu warga tentunya ada urusan administrasi kependudukan, seperti keperluan sekolah, jadi mereka harus pindah penduduk. 

"Kita merekrut mereka yang memang domisilinya sudah lama tidak pindah penduduk," ucapnya. 

Sementara, Ketua Komisi I DPRD Batola, Basuki menyampaikan terima kasih kepada Dinas Dukcapil Kapuas yang sudah menerima kunjungan kerja dengan baik.

"Tentu apa yang disampaikan itu dapat dijadikan sebagai referensi nantinya bagaimana sikap dan tindak Pemkab Batola dalam rangka penertiban KTP-KTP warga di luar Batola tapi bertempat tinggal di Batola itu supaya bisa ber KTP Batola," ujar Basuki.

Dari pertemuan ini pihaknya mendapatkan beberapa masukkan dan langkah langkah yang dilakukan Disdukcapil Kapuas, sehingga ini nantinya akan bisa dilaksanakan di Barito Kuala. (DODI/j)

Berita Terbaru