Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Johny Sumbung: Pendampingan Jitu Pasna R3P Ajang Penguatan SDM

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 20 Maret 2024 - 18:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Direktur Perencanaan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Johny Sumbung menilai Pendampingan menilai Penyusunan Dokumen Pengkajian Kebutuhan Pasca Bencana (Jitu Pasna) dan Rencana Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pasca Bencana (R3P) merupakan ajang penguatan SDM.

“Tujuan dari kegiatan ini yaitu dalam rangka meningkatkan kapasitas sumber daya manusia dengan cara transfer pengetahuan kepada Pemerintah Daerah, khususnya BPBD dan OPD Teknis yang tergabung dalam Tim Jitu Pasna,” sebut Johny di Palangka Raya, Selasa, 19 Maret 2024.

Ia mengatakan tim ini nantinya akan berkolaborasi melakukan pengkajian kebutuhan pasca bencana dan menyusun dokumen Rencana Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pasca Bencana.

“(Dokumen tersebut), pada saat kejadian bencana akan menjadi acuan bagi semua pihak dalam pelaksanaan pemulihan pasca bencana,” imbuhnya.

Jhony menyampaikan, melalui pelatihan ini diharapkan dapat tercapai pemahaman yang sama antara Pemerintah daerah dan Pemerintah Pusat dalam pelaksanaan Jitu Pasna dan penyusunan dokumen R3P, sesuai dengan data dan fakta di lapangan yang dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan.

Dia menilai kegiatan pendampingan merupakan salah satu kesempatan untuk dapat mensinergikan berbagai informasi terkait perkembangan dan upaya yang perlu lakukan dalam kegiatan rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana.

“(Tujuannya) agar dapat dilaksanakan secara cepat dan tepat dan juga menyosialisasikan kebijakan-kebijakan baru terkait kegiatan rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana,” pungkasnya. (HERMAWAN DP/j)

Berita Terbaru