Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Presiden Resmikan Pabrik Minyak Makan Merah Dari Kelapa Sawit

  • Oleh Testi Priscilla
  • 21 Maret 2024 - 08:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo baru-baru ini telah meresmikan pabrik percontohan minyak makan merah dari kelapa sawit yakni Pagar Merbau di Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatra Utara.

"Peresmian pabrik minyak makan merah pertama di Indonesia ini menandai langkah maju dalam industri kelapa sawit nasional dan pemberdayaan petani," kata Jokowi dalam keterangan pers yang dikirimkan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit atau BPDPKS pada Rabu, 20 Maret 2024.

Menurut Presiden, Indonesia dengan lahan kebun kelapa sawit seluas 15,3 juta hektare, 40,5 persen di antaranya dimiliki oleh petani sawit, terus berupaya meningkatkan nilai tambah produksi dalam negeri.

"Kehadiran pabrik pertama yang memproduksi minyak makan merah diharapkan memberikan nilai tambah signifikan bagi petani sawit," tutur Presiden lagi.

Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa dirinya menginginkan nilai tambah itu ada di dalam negeri.

"Oleh sebab itu, kita bangun pabrik minyak makan merah, ini yang pertama kali dan ini kita harapkan dapat memberikan nilai tambah yang baik bagi para petani sawit, utamanya yang sudah dalam bentuk koperasi. Jadi, harga TBS yakni tandan buah segar tidak naik dan turun karena di sini semuanya diolah menjadi barang jadi yaitu minyak makan merah," tegasnya.

Acara peresmian tersebut turut dihadiri pula oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Teten Masduki, Penjabat Gubernur Sumatra Utara Hassanudin, Bupati Deli Serdang Muhammad Ali Yusuf Siregar, dan Direktur Utama Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) Mohammad Abdul Ghani. (TESTI PRISCILLA/H)

Berita Terbaru