Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Meminimalisir Dampak Banjir, Masyarakat di Bantaran Sungai Perlu Direlokasi

  • Oleh Donny Damara
  • 21 Maret 2024 - 12:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dalam rangka untuk meminimalisir dampak banjir yang kerap menimpa masyarakat khususnya di bantaran sungai maka harus ada solusi dari pemerintah.

Anggota Komisi III DPRD Kalteng Duwel Rawing mengatakan, masyarakat yang tinggal di bantaran sungai perlu direlokasi ketempat yang lebih tinggi, hal ini sebagai salah satu solusi.

"Relokasi itu saya pikir sebagai salah satu solusi meminimalisir dampak banjir terhadap masyarakat, jadi kami menyarankan hal itu bisa dilakukan," ucapnya, Kamis, 21 Maret 2024.

Duwel menuturkan, misalnya di Kota Palangka Raya terdapat banyak pemukiman warga yang tinggal di bantaran sungai Kahayan, dan ketika air meluap atau banjir warga pun terdampak.

"Kalau kami melihat itu hampir terjadi secara terus menerus ketika banjir, jadi sudah seharusnya masyarakat mau direlokasi ke tempat yang lebih tinggi," ujarnya.

Dalam upaya merelokasi warga tentu peran dari pemerintah diperlukan dengan menyiapkan anggaran untuk mendirikan pemukiman baru bagi masyarakat nantinya.

"Jadi itu juga diperlukan sinergitas antara pemerintah daerah dan pusat, misal pemda menyediakan lahan pusat mendirikan bangunannya," tuturnya.

Ia menambahkan, apabila masyarakat dibantaran sungai tidak direlokasi maka ketika banjir terjadi akan terus terdampak dan itu pastinya merugikan.

"Jadi memang harus dipikirkan terkait relokasi ini, apalagi di bantaran sungai itu ada wilayah yang memang tidak boleh didirikan bangunan tempat tinggal," tutupnya. (DONNY D/H)

Berita Terbaru