Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Damang Kepala Adat Katingan Hilir Dilantik, Begini Pesan Pj Bupati

  • Oleh Abdul Gofur
  • 21 Maret 2024 - 15:35 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Damang Kepala Adat Kecamatan Katingan Hilir terpilih, Dunes B Gasan dilantik oleh Ketua Dewan Adat Dayak atau DAD Katingan, Kamis,  21 Maret 2024.

Pelantikan digelar di Aula Bappelitbang dihadiri Pj Bupati Katingan, Saiful dan sejumlah pejabat setempat.

Dunes B Gasan yang dilantik ini adalah petahana yang kembali terpilih pada pemilihan Damang Kepala Adat Kecamatan Katingan Hilir tahun 2024.

Pj Bupati Katingan, Saiful menuturkan pelantikan ini berdasarkan surat pengantar panitia pemilihan damang kepala adat Kecamatan Katingan Hilir tanggal 1 Maret 2024 dan surat Dewan Adat Dayak atau DAD Kabupaten Katingan perihal rekomendasi pengangkatan Damang Kepala Adat Kecamatan Katingan Hilir  atas nama Dunes B Gasan periode 2024-2030.

Sedangkan untuk mantir adat desa atau kelurahan dapat dilantik oleh camat di wilayah yang bersangkutan. 

"Oleh sebab itu setelah pantikan ini agar camat dapat menjadwalkan pelaksanaan pelantikan mantir adat desa se Kecamatan Katingan Hilir," ujar Pj Bupati Katingan, Saiful.

Pj Bupati Katingan, Saiful mengatakan bahwa tugas dan fungsi damang kepala adat di Kabupaten Katingan cukup berat, mengingat di pundak damang kepala adat terpikul beban dan tanggung jawab untuk menegakkan budaya rumah betang dan belom bahadat atau hidup beradat dengan cara melakukan pemberdayaan, melestarikan dan mengembangkan adat istiadat  dan lembaga adat khususnya di Kabupaten Katingan serta ikut menjaga kerukunan dan kedamaian antar golongan.

"Saya mengingatkan kepada saudara Dunes B Gasan untuk bersikap dan berperilaku baik, sehingga tidak ada pihak-pihak yang merasa tersisih dan ditinggalkan," imbuhnya. (ABDUL GOFUR/j)

Berita Terbaru