Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Lamandau Dorong Pengembangan Badan Usaha Milik Desa

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 21 Maret 2024 - 22:30 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Pemerintah Kabupaten Lamandau terus mendorong pengembangan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) yang dikelola oleh setiap desa, salah satunya unit usaha budidaya ayam potong milik Bumdes Desa Sungai Buluh, Kecamatan Belantikan Raya.

Penjabat Bupati Lamandau, Lilis Suriani berharap dengan diresmikannya unit usaha tersebut mampu mendongkrak Pendapatan Asli Desa (PADes) yang muaranya pada peningkatan kesejahteraan masyarakat setempet.

“Nantinya usaha dari Bumdes ini bisa menambah pendapatan desa yang tentu muaranya untuk kesejahteraan masyarakat,” kata Lilis pada Kamis, 21 Maret 2024.

Ia mengungkapkan, Bumdes unit usaha budidaya ayam potong itu telah memiliki 4.500 ekor ayam potong, dalam pengelolaan potensi ekonomi desa itu, diharapkan dapat mengurangi angka pengangguran di desa setempat. Ia meminta, unit usaha tersebut memperioritaskan tenaga kerja lokal.

“Bumdes ayam potong ini supaya dikelola dengan baik agar terus berkembang, sehingga mampu meningkatnya produksi dan berdampak terhadap keuangan desa serta bisa mengembangkan usahanya. Keuntungan yang didapat bisa digulirkan untuk program kegiatan yang lain,” pinta Pj Bupati.

Lilis menilai, keberhasilan tiap desa hanya akan terwujud dari usaha yang dilakukan oleh desa itu sendiri, ditambah dengan sinergitas antara pemerintah baik kabupaten maupun provinsi.

(HENDI NURFALAH/Y)

Berita Terbaru