Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pembangunan Jaringan Air Bersih di Pelosok Perlu Jadi Prioritas

  • Oleh Donny Damara
  • 22 Maret 2024 - 23:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Ketua Komisi III DPRD Kalteng, Siswandi mengatakan pembangunan jaringan air bersih di pelosok atau perdesaan terutama di wilayah yang sulit mendapatkan air bersih perlu menjadi prioritas.

Menurut Siswandi, pasokan air bersih yang cukup dan layak minum merupakan kebutuhan dasar yang penting bagi semua masyarakat, maka dari itu pembangunan infrastruktur air bersih di daerah yang masih kekurangan akses tersebut perlu diprioritaskan.

"Pasokan air yang layak minum merupakan hak dan kebutuhan yang fundamental untuk semua orang. Oleh karenanya, pembangunan infrastruktur jaringan air bersih di daerah pelosok harus menjadi salah satu prioritas utama," ucapnya, Jumat, 22 Maret 2024.

Dalam upaya membangun jaringan air bersih ini, Siswandi meminta pemda agar bekerja sama dengan pemerintah pusat, BUMN, dan sektor swasta.

Ia menuturkan, program kerja sama multi-pihak tersebut tentunya akan dapat mempercepat proses pembangunannya dan memastikan semua orang atau masyarakat mendapatkan manfaat yang setara.

"Diperlukan kolaborasi antara pemda, pemerintah pusat, BUMN, dan sektor swasta untuk mewujudkan pembangunan jaringan air bersih ini. Dengan kerja sama, pemda dapat memastikan bahwa supply air bersih dapat tersebar secara merata dan mencapai daerah paling terpencil," imbuhnya.

Siswandi berharap, dengan adabta peningkatan akses pada air bersih, hal itu dapat mengurangi angka penyakit yang disebabkan oleh konsumsi air yang tidak layak, dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat di pelosok Kalteng. (DONNY D/j)

Berita Terbaru