Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Badan Kesbangpol Barito Timur Adakan Tes untuk Calon Anggota Paskibraka

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 23 Maret 2024 - 16:30 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik atau Kesbangpol Kabupaten Barito Timur mengadakan tes wawasan kebangsaan dan tes intelegensi umum untuk calon anggota Paskibraka yang akan bertugas pada HUT Kemerdekaan RI 17 Agustus 2024 mendatang.

Seleksi yang diadakan di GPU Mantawara Tamiang Layang ini merupakan tahapan kedua dan ketiga setelah sebelumnya diadakan seleksi administrasi pada 4-6 Maret 2024.

Kepala Badan Kesbangpol Anda Kriselina mengatakan, seleksi kali ini diikuti oleh 153 pelajar yang datang dari seluruh SMA sederajat se-Kabupaten Barito Timur.

"Sampai tahap akhir nanti kita akan ambil 30 orang untuk kabupaten dan 4 orang yang dicadangkan untuk ke provinsi," ujarnya di sela kegiatan seleksi di GPU Mantawara Tamiang Layang, Sabtu, 23 Maret 2024.

Kepala Kesbangpol berpesan agar mereka yang nanti lolos untuk mengikuti seleksi berikutnya harus menjaga kesehatan karena tes yang akan dihadapi semakin berat yakni membutuhkan kondisi fisik yang prima.

"Mereka harus makan yang bagus termasuk rajin berolahraga karena mereka akan mengikuti tes kesehatan, parade, PBB dan tes kepribadian tanggal 24 dan 25 April 2024," ungkapnya.

Anda Kriselina mengatakan, tes tersebut selain untuk keperluan pengibaran pada hari kemerdekaan, juga merupakan upaya mempersiapkan putra-putri Barito Timur menjadi penerus bangsa.

"Jadi mereka juga yang ikut Paskibraka adalah orang-orang terpilih secara fisik mental maupun kesehatan karena suatu saat nanti mereka akan bisa masuk dalam sekolah-sekolah kedinasan polisi, tentara dan lain sebagainya," ucapnya.

Kepala Kesbangpol menerangkan, sekolah kedinasan selalu mensyaratkan tinggi badan dan kondisi fisik tertentu.

"Karena itu dalam seleksi ini kami tidak main-main, kami melakukan seleksi dengan ketat dan transparan sehingga tidak ada yang diloloskan hanya karena permintaan pihak-pihak tertentu," tegasnya. (BOLE MALO/j)

Berita Terbaru