Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Distan Panen Padi Varietas Inpari 9 dengan Lahan Seluas 100 Hektar di Desa Walur

  • Oleh Ramadani
  • 24 Maret 2024 - 21:50 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Dinas Pertanian Kabupaten Barito Utara (Distan Barut) melaksanakan panen padi varietas inpari 9 di lahan seluas 100 hektare di Desa Walur, Kecamatan Gunung Timang, Sabtu 23 Maret 2024 kemarin. 

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Barito Utara Ir Sugeng mengatakan, sebelum melaksanakan kegiatan panen padi bersama dilakukan kegiatan perhitungan produktifitas menggunakan metode pengambilan sempel melalui ubinan dengan hasil rata rata produktifitasnya 5.6 ton per Hektar. 

"Produksi dan produktifitas hasil panen padi varietas inpari 9 ini karena para petani bersama kelompok tani (Poktan) melakukan kegiatan budidaya tanaman dengan baik sehingga proses pertumbuhan dan perkembangan tanaman padi dapat optimal,” kata Sugeng, Minggu 24 Maret 2024.

Kepala Dinas Pertanian juga mengharapkan kepada semua kelompok tani yang ada di wilayah Kabupaten Barito Utara agar bersemangat untuk meningkatkan usaha taninya melalui penanaman kembali pada musim tanam periode April-September (Asep). 

"Dengan harapan untuk menjaga ketersediaan pangan, stabilitas pangan dan kemandirian pangan di wilayah Kabupaten Barito Utara, sehingga terciptalah kemakmuran masyarakat untuk menjaga stabilitas nasional yang mantap dan kuat,” kata Sugeng.

Sementara, Pj Bupati Barito Utara Drs Muhlis mengatakan kegiatan panen padi dilahan seluas 100 Hektar di Desa Walur dengan varietas inpari 9 yang dilaksanakan ini menjadi angin segar bagi Kabupaten Barito Utara, terutama dalam situasi menghadapi kenaikan harga beras dan gejolak inflasi.

"Saya berharap produksi padi di Desa Walur ini dapat mendukung ketahanan pangan sekaligus membantu mengendalikan inflasi di Kabupaten Barito Utara,” kata Muhlis.

Meskipun, kata Muhlis, stok beras di Kabupaten Barito Utara masih aman, tapi beras merupakan salah satu komoditas penyumbang inflasi tertinggi, terlebih saat bulan suci ramadhan seperti sekarang ini dan menjelang hari raya Idul Fitri tentu kebutuhan akan beras semakin meningkat dari hari-hari biasanya," kata Muhlis.

Dalam kegiatan panen padi bersama di Desa Walur Kecamatan Gunung Timang tersebut dihadiri pejabat lingkup Dinas Pertanian beserta jajarannya, perwakilan Kodim 1013 Muara Teweh, koordinator BPP Gunung Timang beserta jajarannya, PPL kecamatan Gunung Timang, Kepala Desa Walur dan semua kelompok tani Desa Walur. (RAMADHANI/H)

Berita Terbaru