Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ujian Praktek Seni Rupa Bagi Peserta Didik MAN Kapuas untuk Asah Kreativitas

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 26 Maret 2024 - 13:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kapuas telah melaksanakan ujian praktek bagi peserta didik kelas XII. Diantaranya adalah ujian praktek mata pelajaran Seni Budaya cabang Seni Rupa.

Seiring dengan semangat kurikulum merdeka yang mengedepankan kebebasan dalam memilih mata pelajaran sesuai minat, siswa diberi kesempatan untuk mengekspresikan diri dalam bidang seni yang mereka gemari.

Tahun ini, ujian praktek Seni Budaya menghadirkan sebuah inovasi yang menarik. Siswa-siswi yang memiliki minat dan bakat dalam berkarya seni rupa, baik itu dalam bidang 3D atau 2D, baik murni maupun terapan, diarahkan untuk membuat pameran karya seni rupa sebagai bagian dari penilaian mereka.

Guru Seni MAN Kapuas, Vina Safrina bersyukur pameran karya seni dalam rangka ujian praktek seni budaya cabang seni rupa dapat berjalan dengan lancar dan tepat waktu. 

"Pameran ini adalah pameran ke 3 yg pernah dilaksanakan, meskipun pameran ini tidak ada dekorasi background karena tidak ada panitia tapi tidak mengurangi nilai estetik karya yang mereka pajang," katanya, Selasa, 26 Maret 2024.

Sementara, Kepala MAN Kapuas, Ahmad Mulyadi, memberikan dukungan penuh terhadap terobosan ini, tujuan utama dari ujian praktek ini adalah untuk membuka pintu kreasi bagi siswa, memberikan mereka kesempatan untuk mengeksplorasi bakat dan minat mereka dalam dunia seni rupa.

Diharapkan, dengan adanya pendekatan yang lebih fleksibel seperti ini, akan muncul bakat-bakat baru di bidang seni rupa dan semakin memperkaya dunia seni di MAN Kapuas. 

"Semoga ujian praktek Seni Budaya ini tidak hanya menjadi ajang evaluasi, tetapi juga menjadi momen berharga dalam perjalanan kreatif para siswa," harapnya. (DODI/Y)

Berita Terbaru