Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kapuas Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi Secara Virtual

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 26 Maret 2024 - 13:40 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas telah mengikuti Rapat koordinasi (Rakor) terkait pengendalian inflasi daerah mingguan bersama Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia secara virtual yang dipimpin Itjen Tomsi Tohir.

Bertempat di ruang rapat Bupati Kapuas, hadir mengikuti kegiatan ini Asisten II Setda Kapuas, Salman, Staf Ahli Bupati Kapuas, Jaya, dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Asisten II Setda Kapuas, Salman mengatakan dalam rakor tersebut di paparkan tentang tinjauan inflansi dan Indeks Perkembangan Harga minggu ketiga bulan Maret Tahun 2024 oleh Badan Pusat Statistik Distribusi dan Jasa (BPS).

Kemudian secara historis menyumbang andil inflasi pada Ramadan dan idul fitri hampir yang dominan setiap tahunnya.

"Seperti kelompok makanan, kelompok minuman, kelompok tembakau dan kelompok transportasi," katanya, Selasa, 26 Maret 2024.

Lalu, berdasarkan pantauan harga Sistem Pemantauan Pasar Kebutuhan Pokok (SP2KP) pada minggu kedua Maret 2024 ini, beberapa komoditas pangan yang perlu diwaspadai karena adanya kenaikan harga di sebagian besar wilayah adalah telur ayam ras dan daging ayam ras.

Harga beras selama tiga minggu di bulan maret cenderung stabil, namun jika bisa dibanding bulan Februari masih lebih tinggi sekitar 3 persen.

Sementara itu, Tomsi Tohir dalam arahannya mengharapkan kementerian dan lembaga terkait serta seluruh pemerintah daerah di haruskan dapat melakukan koordinasi di semua bidang, khususnya pada penyerahan gabah petani dan harga wajar.

“Kami sangat berharap menjelang Hari Raya Idul Fitri ini koordinasi harga pasar dapat dilakukan selalu, sehingga kenaikan-kenaikan bahan pokok dapat benar-benar teratasi," ucapnya. (DODI/Y)

Berita Terbaru