Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gubernur Kalteng Minta Kepada Kepala Daerah agar Kadis Tidak Becus Bekerja Diganti

  • Oleh Marini
  • 27 Maret 2024 - 16:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Gubernur Kalteng Sugianto Sabran meminta kepada kepala daerah agar mengganti kepala dinas yang dinilai tidak becus dalam bekerja.

"Saya harap bapak/ibu Pj atau bapak/ibu bupati melakukan pemantauan terhadap kinerja para kadisnya, karena hal ini untuk sinergitas kolaborasi kita bekerja secara maksimal dan manfaatnya sangat besar bagi masyarakat. Yang melanggar berhentikan saja," sarannya di hadapan para kepala daerah se-Kalteng saat rapat koordinasi optimalisasi penyelenggaraan pemerintah daerah, Rabu, 27 Maret 2024.

Kepala dinas, imbuh gubernur, punya tugas melaksanakan urusan pemerintahan daerah berdasarkan kewenangan, asas otonomi dan tugas pembantuan, perumusan kebijakan teknis, penyelenggaraan urusan pemerintahan dan pelayanan umum, dan lainnya.

Namun, apabila ada temuan Kadis yang tidak maksimal atau tidak becus bekerja maka agar diberi konsekuensi langsung diberhentikan dari jabatannya.

Orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai ini mengatakan, hal demikian pernah ada temuan di lapangan di salah satu kabupaten yang Kadisnya susah dihubungi terkait pertanian. Bahkan untuk kinerjanya tidak sesuai yang diharapkan sesuai visi dan misinya.

Kadis mempunyai tugas untuk mengoordinasikan dan menetapkan kebijakan dinas sesuai dengan kewenangan yang dimiliki. Melakukan koordinasi dengan unit kerja/instansi terkait untuk kelancaran pelaksanaan tugas.

Kemudian, memimpin pelaksanaan tugas pokok dan fungsi organisasi sesuai kewenangan yang dimiliki, serta katanya melakukan pengawasan, pengendalian dan pembinaan mitra kerja, meningkatkan peran serta dan partisipasi masyarakat.

"Jangan sampai gara-gara Kadis ini program kerja kita terhambat, yang sulit dihubungi maupun tidak bisa di ajak kerjasama berhentikan saja," intruksinya. (MARINI/j)

Berita Terbaru